Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Busi?

Jakarta, MobilKomersial.com – Selaku pemilik kendaraan, Kita wajib mengerti dan memahami paling tidak sedikit ilmu tentang kendaraan yang kita miliki, hal ini agar kita bisa mengetahui penyebab awal kerusakan yang terjadi atau untuk menilai performa kendaraan.

Penyebab menurunnya kendaraan salah satunya adalah telatnya mengganti busi. Busi menjadi komponen penting pada kendaraan, karena busi lah yang menghantarkan arus listrik agar mesin kendaraan bisa menyala. Faktor telat mengganti busi bisa menyebabkan penurunan performa, mesin tidak stabil, sulit starter dan menyebabkan boros bahan bakar.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia  menyarankan,  “Sebaiknya dua kali ganti oli, satu kali ganti busi, itu juga termasuk dalam buku manual kendaraan”.

Baca juga : Busi Yang Sudah Berkerak Lebih Baik Di Ganti Segera

Kalau dilihat dari fungsi busi, Diko menambahkan “ Busi diperuntukan untuk menjaga performa kendaraan. Lantas kapan waktu penggantian busi yang baik? Kami menyarankan waktu penggantian busi untuk motor di angka 6.000 km dan mobil 20.000 km, itu adalah perhitungan rata-rata.”

Angka 6.000 km untuk motor dan 20.000 km untuk mobil adalah titik awal dimana busi mengalami erosi. Erosi adalah pengurangan dimensi atau jarak pada elektroda. NGK membuat dua pilihan untuk waktu penggantian busi yaitu berdasarkan kilometer pemakaian dan berdasarkan tingkat kerusakan elektroda.

Baca juga : Benarkah Alur U Busi untuk Pengapian Busi Sempurna?

Tinggalkan Balasan