Keren, “Bus Tayo” Buatan Sukoharjo Ini Siap Ajak Wisatawan Keliling Taman Pakujoyo

bus Tayo asal Sukoharjo (foto kompas)

Sukoharjo, Mobilkomersial.com – Terinspirasi film animasi Tayo The Little Bus, pengelola tempat wisata Taman Pakujoyo, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah membuat bus tingkat sangat mirip seperti yang mirip dengan karakter bus Tayo idola anak-anak.

Sejak kemunculannya beberapa hari terakhir, “Bus Tayo” asal Sukoharjo ini pun membuat heboh media sosial. Berita ini menjadi viral lantaran awalnya diposting di instagram ics_infocegatansolo, sehingga kehadiran bus tayo warna merah itu disukai hingga puluhan ribu netizen.

Nampak pada bagian depan bus, terdapat gambar mata dan mulut sehingga mirip dengan karakter bus yang digemari anak-anak. Di kaca depan tertulis Tayo dengan akronim Taman Pakujoyo.

Menurut Lurah Gayam, Havid Danang, pembuatan Bus Tayo memang terinspirasi dari film animasi Tayo The Little Bus asal Korea Selatan.

Bus tingkat berwarna merah itu disediakan untuk kepentingan wahana pariwisata di Taman Pakujoyo, Kelurahan Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sukoharjo.

“Sebelumnya saya sudah memiliki ide membuat kereta wisata di taman Pakujoyo. Kebetulan saat ini lagi booming Bus Tayo. Makanya kemudian saya arahkan untuk membuat bus tayo saja,” ucap Havid.

Dijelaskan Havid, alasan menggunakan istilah tayo lantaran memiliki kepanjangan Taman Pakujoyo. “Untuk memudahkan warga mengingat nama bus, lalu disingkatlah dengan tayo,” imbuhnya.

Untuk membuat bus tayo, ia menggandeng seorang pengusaha bidang pariwisata dan perbengkelan. Hasilnya, tercipta bus tingkat dua lantai yang dimodifikasi khusus untuk wisatawan.

Adapun untuk kapasitas Bus Tayo Taman Pakujoyo itu mampu memuat penumpang sebanyak 30 orang. Rinciannya, sebanyak 20 penumpang dapat menempati lantai satu dan sisanya berada di lantai dua.

“Busnya dibuat agar wisatawan dapat menikmati pemandangan Taman Pakujoyo. Untuk itu bagian atas bus dibuat terbuka,” tukas Havid.

Mengenai rute, bus berwarna merah itu akan melewati jalur khusus yang tidak bersinggungan dengan kendaraan lain. Soal keamanan dan keselamatan penumpang, Havid menyatakan, bus sudah melakukan uji lapangan.

“Karena busnya modifikasi maka dibuatkan trek khusus yang tidak bersinggungan dengan kendaraan lain. Kami sudah mengundang seluruh ketua RT untuk disepakati bersama jalan yang dilalui bus tayo tersebut. Kesepakatan itu dibuat agar saat lewat busnya tidak bersinggungan dengan kendaraan lain,” tutur Havid.

Biayanya pun cukup murah untuk menaiki Bus Tayo. Hanya dengan uang Rp 5.000, kata Havid, warga akan disuguhi keindahan pemandangan taman pakujaya dan telaga sepanjang satu kilometer.

Bahkan rencananya, ke depan di area itu akan dibangun waterpark dan kolam wisata air.

“Jadinya bus ini sebagai salah satu untuk melengkapi wahana. Sekali naik penumpang hanya membayar Rp 5. 000,” kata Havid.

Bila tertarik menumpang bus wisata Tayo, warga bisa datang langsung ke lokasi Taman Pakujoyo Sukoharjo. Bus itu beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam.

1 thought on “Keren, “Bus Tayo” Buatan Sukoharjo Ini Siap Ajak Wisatawan Keliling Taman Pakujoyo

Tinggalkan Balasan