Mengenal Teknologi Karoseri Laksana

Mengenal Teknologi Karoseri Laksana

MobilKomersial.com Industri karoseri bus di Indonesia kini sudah sangat maju. Jika dibandingkan dengan teknologi penggarapan di era 1980-an, teknologi pembuatan bodi bus saat ini sudah mengadopsi teknologi body builder terkini. Misalnya, untuk pembuatan plat dengan desain khusus, atau membuat komponen interior bus, nyaris semuanya sudah menggunakan teknologi terkini.

.

Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah misalnya. Karoseri yang banyak dipercaya oleh operator yang menggarap bus malam, bus antarkota dan bus pariwisata ini sudah mengaplikasikan mesin-mesin berteknologi baru dalam membuat rancang bodi bus. Hasilnya, bus menjadi presisi dan indah dengan tetap mengedepankan aspek kekuatan, keawetan dan keselamatan.

Data mengenai sejumlah mesin yang digunakan karoseri Laksana untuk memproduksi komponen bus ini ditampilkan dalam wujud display.

.

Misalnya mesin CNC Folding. Argo Setiawan, teknisi karoseri Laksana yang bertugas di lokasi menjelaskan, mesin ini digunakan untuk membuat profil pelat bodi bus  dengan panjang hingga 12 meter dan tanpa sambungan. Mesin ini membantu menjaga agar permukaan pelat tetap rata.

“Beberapa komponen panel utama di bagian luar bus dibuat dengan menggunakan mesin ini,” jelas Argo.

Ada juga mesin CNC Fiber Laser. Mesin ini mampu memotong semua jenis pelat kultur dengan kecepatan potong 2 meter per detik. Lebih dari 100 macam komponen bus garapan Laksana dipotong dengan menggunakan mesin ini.

.

Ada juga mesin CNC Turret Punch. Ini merupakan alat untuk membuat komponen bus dengan pola khusus dengan bantuan CAD komputer dengan kecepatan tinggi. Alat ini mampu memberi akurasi tinggi pada hasil akhirnya.

.

Mesin lainnya yang digunakan adalah CNC Milling 5-Axis. Mesin ini digunakan untuk memotong panel trimming interior bus (tiga dimensi). Mesin ini dapat memproses benda kerja sebesar 1,2×2,4 meter.

.

Laksana sendiri saat ini memfokuskan diri memproduksi bus besar dan bus berukuran medium. Karoseri ini juga mampu memproduksi bus gandeng (articulated) untuk memasok kebutuhan armada busway Transjakarta.

Laksana Memperkenalkan Legacy SR2 Double Decker

Tinggalkan Balasan