Mercedes-Benz dan Bosch Mulai Ngetes Layanan Taksi Otonom

Taksi Otonom

San Jose, MobilKomersial.com – Daimler bekerja sama dengan Bosch kini sedang menguji coba taksi otonom di Kota San Jose, AS. Situs MediaPost.com mengutip informasi blog yang dilansir Daimler mengabarkan, armada yang digunakan untuk ujicoba taksi 100 persen otonom ini adalah sedang Mercedes-Benz S-Class. Layanan taksi otonom ini disediakan untuk warga di kawasan San Carlos/koridor Stevens Creek antara pusat kota dengan San Jose Barat.

Dalam layanan ini, sedan Mercedes-Benz S-Class dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa benar-benar menyediakan layanan kepada penumpang yang sepenuhnya otonom. “Pilot project ini bertujuan untuk mendalami peluang seberapa jauh kendaraan otonom mampu membantu kita memenuhi kebutuhan transportasi masa depan,” ungkap Walikota San Jose, Sam Liccardo.

Daimler Mobility Service akan bertindak sebagai perusahaan operator layanan taksi otonom ini yang akan dikoneksikan dengan layanan ride sharing seperti car2Go, dan layanan ride-hailing Mytaxi serta platform multimoda Moovel. Operasional layanan taksi otonom ini dikendalikan oleh seorang safety driver dan akan secara ketat memandu mobilnya saat proses penjemputan penumpang sampai proses pengantaran penumpang ke titik tujuan.

Dalam kerjasama dengan Bosch ini, Daimler bertindak sebagai penyedia armada, sementara Bosch menyediakan peranti pendukungnya seperti sensor-sensor, acuators dan control units. Daimler dan Bosch menggunakan laboratorium bersama mereka di Jerman untuk mengetes taksi otonom ini.

Sebelumnya, Ford sudah menjalin kerjasama dengan Walmart untuk layanan pengiriman barang-barang kebutuhan konsumen di toko Walmart dengan menggunakan kendaraan otonom yang disiapkan oleh Ford yang diberi nama Waymo. Waymon sudah diujicoba mengantar barang belanjaan konsumen di California. Sementara, Toyota juga sudah menggandeng Softbank dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk uji coba kendaraan otonom.

Penulis: Ariefandi

 

Tinggalkan Balasan