Navistar Dobrak Dominasi Ford F-Series Lewat Pick Up International Terbaru

MobilKomersial.com — Pabrikan otomotif Navistar meluncurkan pick up terbaru seri International di pasar Amerika Serikat, pekan ini. Pick up ini siap menjadi penantang bagi Ford Motor yang selama ini menjadi pemain dominan di segmen pick up untuk sektor usaha di pasar domestik AS. Navistar telah menyiapkan strategi khusus untuk mencuri pasar lewat pick up terbarunya ini.

Michael Cancelliere, President Trucks and Parts Navistar mengatakan, pick up yang diluncurkan ini merupakan pick up di segmen Class 4/5 dan hanya dipasarkan di AS.

 

Penjualan pick up di pasar Amerika Serikat setiap tahunnya mencapai 40.000 unit. Namun Navistar tidak terlalu muluk-muluk memasang target. Michael Cancelliere mengatakan, pick up International terbaru ini membidik para konsumen pick up Ford F series. “Kami ingin meyakinkan konsumen Ford F-Series mengapa mereka harus mengganti brand ini dan membeli pick up kami,” ungkap Michael.

Navistar sempat vakum produk di segmen pick up Class 4/5 di pasar AS ketika Navistar menghentikan produksi pick up International TerraStar di tahun 2015.

Segmen kendaraan niaga dengan merk International yang dikelola Navistar saat ini merupakan hasil joint venture dengan General Motors. Mereka saling berbagi peran. General Motors kebagian membuat bodi panel dan interior kabin. Itu sebabnya, interior pick up International terbaru ini amat mirip dengan pick up Chevrolet Silverado. General Motors juga memasok mesin diesel berkapasitas 6,6 liter untuk pick up ini. Sementara, Navistar kebagian peran merakit (assembling) rangka dan bodi panel yang dipasok oleh General Motors.

General Motors juga memasarkan pick up ini namun dengan label merk Silverado. Baik emblem International maupun SIlverado, sama-sama dibuat di fasilitas perakitan Navistar di Springfield, negara bagian Ohio, AS. Untuk pick up yang dipasarkan Navistar, banderol harganya adalah sekitar 56.000 dolar AS, bergantung pada fitur serta kelengkapan aksesoris kendaraan.

Baca juga : Mahindra Truck & Bus Siap Gerojok Pasar dengan 21 Model Truk Baru Sampai 2020

Untuk merebut hati para pecinta Ford F-Series, Navistar menekankan aspek dan kemampuan heavy duty pada pick up International terbaru ini. Misalnya, di komponen gear-driven transfer case, struktur bodi yang dirancang lebih kokoh, penggunaan rangka baja low-alloy serta chassis yang dicat untuk antikarat. Tampilan pick up anyar International ini juga sangat commercial look dengan mesin di bagian hidung, kemudahan bagi mekanik mengakses ruang mesin termasuk kemudahan untuk perawatan berkala.

Mesin diesel 6,6 liter di pick up ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 350 horse power dan torsi 700 pound feet dikombinasikan dengan transmisi Allison enam percepatan. Maximum gross weight (GVW) pick up ini adalah 37.500 pounds.

Penulis: Ariefandi

 

Tinggalkan Balasan