Perlunya Mengetahui Area Blind Spot Kendaraan

blind spot pada truk (foto : istimewa)

Jakarta, MobilKomersial.com – Banyak pengemudi kendaraan masih belum memahami tentang titik buta kendaraan atau biasa disebut blind spot. Padahal keberadaan bus-bus kota maupun truk pengangkut segala kebutuhan biasa ditemukan dalam perjalanan salah satunya di kota-kota besar.

Situasi ini kerap membuat para pengendara kendaraan roda empat maupun dua sedikit lebih berbahaya. Selain itu juga menandakan kompetensi pengemudi angkutan umum di Tanah Air secara keseluruhan masih rendah.

.

Blind spot merupakan area yang tidak terihat oleh sopir saat berada di jalan. Area ini termasuk titik rawan kecelakaan ketika pengemudi membelokan kendaraannya, tetapi tidak mengetahui ada kendaraaan lain di samping atau belakangnya. Pada kendaraan truk terdapat empat area titik buta yang terkadang diabaikan atau bahkan pengemudi tidak tahu sama sekali.

Selain diharapkan mempunyai ketertiban dalam berkendara, Anda harus sangat berhati-hati dalam mendahului bus maupun truk. Dalam sebuah seminar tertib berkendara, dijelaskan tentang bagaimana menghadapi kondisi lalu lintas yang dimana terdapat banyak kendaraan-kendaraan besar, seperti bus dan truk.

.

Langkah awal ialah memahami prilaku mengemudi pengemudi kendaraan umum. Mereka diharuskan mengejar uang setoran, maka tak khayal, mereka mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan terkesan sangat ugal-ugalan yang disertai dengan kesembrono-an.

Oleh karena itu, sebaiknya posisikan kendaraan Anda agar tetap terlihat oleh pengemudi bus atau truk. Caranya beri jarak kendaraan Anda dengan bus atau truk agar tetap terpantau di spion bus ataupun truk.

.

Hal tersebut dikarenakan kendaraan besar memiliki blind spot atau titik yang tak terjangkau kaca spion cukup besar. Selain itu pandangan mengemudi di kendaraan besar juga sangat terbatas, dan terkadang tak mampu melihat dengan jelas kendaraan yang lebih kecil di sekitarnya.

Adapun fungsi spion pada suatu mobil juga dapat menjadi penanda bagi pengendara lain apakah dirinya terlihat oleh pengemudi atau tidak. Jika bayangan pengemudi terlihat jelas di spion, maka posisi Anda pun terlihat dengan jelas oleh si pengemudi.

.

Yang terpenting, jika memungkinkan, segeralah dahului kendaraan besar agar Anda juga mendapat bidang pandang mengemudi yang luas dan tidak terhalang. Tetapi, Anda diharuskan sangat berhati-hati dalam menyalip kendaraan besar. Usahakan agar Anda tak memotong jalur tiba-tiba di depan kendaraan besar. Karena bus atau truk membutuhkan waktu pengereman yang lama dibanding kendaraan roda dua maupun empat.

.

Usahakan agar tak tergesa-gesa saat menyalip kendaraan besar. Dan ingat, menyalip bus atau truk dibutuhkan perhitungan yang matang. Selain itu jangan lupa selalu berkomunikasi dengan kendaraan di sekitar, caranya dengan memanfaatkan lampu dan klakson untuk memberikan isyarat.

Tinggalkan Balasan