Porsche Pertama Akhirnya Ditemukan Tertidur di Gudang

mobkom-image-Porsche-Pertama-akhirnya-Ditemukan

MobilKomersial.com – Setelah melalui perjalanan waktu selama seabad, akhirnya Porsche pertama ditemukan dalam kondisi tertidur di gudang. Porsche pertama yang historis ini direstorasi dan dipajang dalam Porsche Museum di Jerman.

.

Kebanyakan orang, mengenal Type 356 lansiran 1948 sebagai kendaraan Porsche yang pertama, tetapi sejarah perusahaan ini sebenarnya kembali ke tahun 1898. Hal tersebut semua dimulai pada bulan Juni tahun tersebut ketika sang pendiri Ferdinand Porsche menyelesaikan kendaraan pertama, “kendaraan listrik Egger-Lohner, model C.2 Phaeton”.

.

Kemudian, kendaraan tersebut dikenal dengan nama “P1” yang berarti model Porsche nomor pertama. Pemakaian nama tersebut juga dikarenakan Ferdinand memberi stempel P1 pada seluruh komponen utama kendaraan.

.

Dari sisi beratnya, P1 memiliki berat yang lumayan besar. Yakni sekitar 1360 kg dan ditenagai oleh sebuah motor elektrik. Sedangkan daya kuda yang dihasilkan masih minimal dengan 3 dk dan 5 dk pada mode overdrive. Selain itu,P1 pertama kali mengaspal di Vienna, Austria pada 26 Juni di Austria 1898..

.

Yang pada akhirnya setelah setahun melalui proses uji-coba, Ferdinand memasukan P1 ke dalam pameran motor listrik internasional di Berlin.

.

Pada masa awalnya, memiliki prestasi yang mengagumkan yakni dengan memenangkan perlombaan sejauh 24 mil dengan total waktu 28 menit. Selain itu, P1 juga mencatatkan rekor efisiensi konsumsi energi teririt.

.

Ditotal ada empat P1 yang pernah dibuat di dunia. Setiapnya mencapai kecepatan penuh sekitar 21mph dengan jarak tempuh sekitar 78 km. Salah satunya tertidur sejak tahun 1901 dalam sebuah gudang hampir seabad. Hingga akhirnya Porsche menemukan dan menaruhnya dalam museum pabrikan di Jerman.

Tinggalkan Balasan