Rawat Mesin Diesel Agar Awet

Rawat Mesin Diesel Agar Awet

Foto : Istimewa

MobilKomersial.com – Tidak semua bengkel mobil cakap dalam menangani mesin mobil apalagi mesin diesel memiliki kerumitan sendiri dan memiliki getaran yang lebih terasa dari mesin lain.

.

Meski demikian pada perkembangannya tidak hanya truk atau bus yang menggunakan mesin diesel tetapi mobil-mobil passenger juga telah menggunakan mesin diesel karena kekuatannya.

.

Berikut cara merawat mesin diesel Isuzu agar tetap awet, dikutip MobilKomersial dari situs resmi Isuzu; pertama, lakukan cek rutin setiap pemakaian 40.000 km. Kedua, Cek komponen penting seperti filter oli, filter udara, dan pastikan oli mesin diganti secara rutin.

image-mobkom-Rawat Mesin Diesel, Agar Awet
Foto : Istimewa

Ketiga, jangan lupa perhatikan dan ganti oli gardan, oli transmisi dan filter solar. Ke-empat, luangkan waktu untuk membersihkan saringan udara, kalau perlu diganti saringan udara jika terlalu kotor.

.

Jika kebiasaan ini dilakukan mesin diesel mobil anda akan memiliki kinerja maksimal sehingga perjalanan anda tidak terkendala dengan suara berisik atau kemacetan pada mesin yang mengganggu.

2 thoughts on “Rawat Mesin Diesel Agar Awet

  1. Bukannya secara umum perawatan mesin diesel lebih sederhana daripada mesin bensin yang membutuhkan listrik lebih banyak untuk menyalakan percikan listrik pada busi untuk membakar BBM bensin? Memang masih ada mesin diesel masa kini yang membutuhkan kelistrikan yang kompleks untuk menyalakan busi pijar untuk memanaskan BBM diesel, untuk sumber energi untuk komputer yang mengatur injeksi BBM pada mesin diesel tipe EFI dan Commonrail seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dll. Yang membuat biaya perawatan mesin diesel jadi lebih mahal adalah karena kebutuhan oli pelumas mesin diesel yang cenderung lebih banyak dan kental dibandingkan oli mesin bensin. Juga karena ongkos yang lebih mahal untuk menggunakan material logam yang lebih tebal untuk membuat mesin diesel yang memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi, sekitar 12:1 – 25:1. Berbeda dengan rasio kompresi mesin bensin yang jauh lebih rendah dari mesin diesel, sekitar 8:1 – 11,5:1. Mesin diesel juga lebih tahan dan “toleran” dengan kualitas BBM diesel yang kurang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.