Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan 1 November 2018

Tilang Elektronik

Jakarta, Mobilkomersial.com – Mulai 1 November 2018, Kepolisian Polda Metro Jaya akan memberlakukan tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Pemberlakuan tilang elektronik dilakukan di jalan MH. Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta.

Sebelumnya, uji coba Tilang Elektronik sudah dilakukan di sepanjang bulan Oktober 2018 di ruas jalan yang sama. Dalam masa tersebut menunjukkan hasil positif dengan berkurangnya jumlah pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

Hasil positif tersebutlah yang membuat pihak kepolisian meningkatkan status uji coba menjadi tindakan resmi tilang elektronik. Dengan demikian, setiap pelanggaran nantinya akan terekam oleh CCTV kemudian surat tilang dan tagihan akan dikirimkan ke rumah pemilik kendaraan.

Pelanggar pun harus membayar denda tersebut ke bank yang sudah ditunjuk dalam waktu 14 hari. Bila pelanggar atau pemilik kendaraan tidak membayar denda dalam waktu tersebut maka pajak kendaraan tidak dapat diperpanjang.

Adapun untuk denda yang dibayarkan akan berbeda-beda, sesuai dengan jenis pelanggarannya.

“Upaya ini sebagai mengatasi persoalan kemacetan. Sebab kemacetan lalu lintas yang terjadi, salah satunya adalah akibat ketidaktertiban pengendara,” ucap Kombes Pol. Yusuf, S.I.K., M.Si.,Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Saat uji coba pihak Kepolisian baru memiliki empat CCTV yang terpasang di Bundaran Patung Kuda dan Sarinah. Dengan dimulainya penindakan tilang,  maka jumlah CCTV akan ditambahkan secara bertahap.

Tinggalkan Balasan