Tre, Truk Hydrogen Fuel Cell Masa Depan dari Nikola

Tre, Truk Hydrogen Fuel Cell Masa Depan dari Nikola

MobilKomersial.com – Bisnis perusahaan startup teknologi Nikola terus melaju. Perusahaan ini memperkenalkan truk hydrogen fuel cell terbarunya yang masih berwujud purwarupa (konsep) yang ditujukan untuk pasar Eropa. Nikoal menamakan truk konsepnya ini Tre, yang diambil dari bahasa Norwegia yang bermakna ‘tiga’.

Nikola mengklaim sudah menerima sejumlah pesanan untuk truk Tre ini dengan nilai total lebih dari 11 miliar dolar AS.

Pengenalan truk Tre oleh Nikola ke pasar Eropa ke depan akan semakin menambah pundi-pundi Nikola dari pesanan yang masuk. Nikola menyatakan belum akan menguji coba (test drive) truk ini dalam waktu dekat. Setidaknya sampai tahun 2020 nanti.

Pihak Nikola seperti dikutip situs CNET, baru akan memulai fase p;roduksi massalnya sekitar tahun pada 2022 atau selambat-lambatnya tahun 2023, atau berbarengan waktunya dengan produksi massal truk hydrogen fuel cell Nikola yang ditujukan untuk pasar Amerika Serikat.

Truk konsep Nikoa Tre ditenagai baterai 800 volt dan hadir dalam dua tipe yakni penggerak 6×4 dan 6×2 dengan output tenaga maksimum 500 dan 1.000 PS serta jarak tempuh antara 310 sampai 745 mil.

Pihak Nikola menyatakan, Tre sudah memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai truk otonom level 5. Untuk teknologi hydrogen fuel cell yang ditanamkan di truk masa depan ini, Nikola bekerja sama dnegan Nel Hydrogen, sebuah perusahaan teknologi hidrogen di Kota Oslo, Norwegia.

 

Penulis: Arieffandi

Hits: 103

Tinggalkan Balasan