Volvo Ngetes 23 Truk Listrik FL Electric untuk Angkutan Kargo di Kawasan Urban California

FL Electric

MobilKomersial.com – Volvo Trucks saat ini sedang menguji kemampuan truk listriknya menurunkan tingkat pencemaran udara di California Selatan, AS. Program ini merupakan piot project yang dijalankan bekerja sama dengan perusahaan lokal, Greenlots. Lewat kegiatan ini akan dipantau juga kemampuan pengelolaan dan utilisasi armada.

Situs Greentech Media melansir, dalam kerjasama kolaborasi dengan Greenlots ini, Greenlots bertanggung jawab menyediakan jaringan charging system untuk truk-truk listrik Volvo, termasuk diantaranya menyediakan fasilitas pengisian cepat baterai listrik berkapasitas 150 kilowats serta fasilitas pengisian daya listrik Level 2 untuk forklift listrik. Perusahaan teknologi ABB bertindak sebagai penyedia peralatan pendukungnya. Sementara proses instalasi dikerjakan oleh Burns & McDonnel.

Baca juga : Vera, Kendaraan Otonom Untuk Industri Logistik di Masa Depan

California saat ini makin siap menyambut kehadiran era baru kendaraan listrik karena wilayah ini secara besar-besar telah membangun infrastruktur pengisian baterai listrik di mana-mana dengan anggaran hampir 1 miliar dolar AS. Stasiun pengisian baterai listrik ini dibangun di kawasan perkantoran, bangunan apartemen dan area publik. Tak hanya kendaraan penumpang, kendaraan niaga dan alat kerja seperti truk listrik, forklift sampai kendaraan berat lainnya juga didorong sudah mengadopsi motor listrik sebagai drive train-nya.

Lewat partisipasi di uji coba ini, Volvo Trucks menempatkan 23 unit truk listriknya untuk dioperasikan di sejumlah warehouse dan pusat logistik yang tersebar di wilayah California. Proyek ini mendapat dukungan dana 44,8 juta dolar dari pemerintah dan mendapat support dari 16 partner termasuk perusahaan jasa transportasi truk DHE dan NFI.

Untuk pasar AS, Volvo Trucks sudah meluncurkan truk listrik pertamanya untuk segmen medium duty, Volvo FL Eelectric yang rilis ke pasar tahun ini. Truk ini menyasar kebutuhan transportasi barang di kawasan perkotaan. Bulan September 2018 lalu, Volvo Trucks juga mengumumkan inisiatifnya memasarkan beberapa model truk listrik ke pasar Amerika Utara.

Penulis: Ariefandi

 

Tinggalkan Balasan