250 Mobil Modifikasi Ikut Final IAM di Jakarta

Jakarta, Mobilkomersial.com – Sepanjang tahun 2018, Indonesia Automodified (IAM) kembali membuktikan diri sebagai barometer penyelenggaraan seri pameran dan kompetisi movil modifikasi terbesar dan terluas di Indonesia dengan menghadirkan total lebih dari 2100 mobil modifikasi di 20 seri atau kota penyelenggaraan.

Pada putaran final IAM yang digelar di Istora Senayan 1-2 Desember kemarin, lebih dari 250 mobil modifikasi terdaftar untuk mengikuti final pameran dan kompetisi mobil modifikasi International Automodified (IAM) dan Daihatsu Dress-up Challenge.

Grand Final kompetisi audio mobil HINSound&Style yang diselenggarakan bekerjasama dengan Car Audio Network (CAN) Indonesia, Special Class dari Autovision Autolightup, serta Special Class Accelera Tyres. Pada putaran final IAM di Jakarta digelar pula Kids Car Special Class yang merupakan kompetisi modifikasi mobil anak-anak.

Tidak hanya ratusan mobil modifikasi, IAM Jakarta Final Battle 2018 juga menghadirkan produk-produk terkini dari berbagai brand otomotif maupun lifestyle, diantaranya Astra Daihatsu Motor, Autovision Automotive Lighting, Accelera Tyres, United Oil Indonesia, Redbull, Medicar Indonesia, Mobilkamu, Cleo, XL, Sosro, Jakarta Sneaker Day, dan masih banyak lagi.

Disamping memamerkan mobil-mobil modifikasi terbaik maupun produk-produk aftermarket dan lifestyle otomotif di tiap serinya, kompetisi modifikasi yang memperebutkan lebih dari 150 awards/trofi bergengsi tetap menjadi hal yang utama dari IAM. Penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 7 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta Presentation.

Di tahun ini IAM juga memperkenalkan 2 klasifikasi baru yaitu Players dan Tuners. Kelas Players dimaksudkan bagi mobil-mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan untuk dipertandingkan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada digunakan harian.

Di kelas ini, tidak terdapat batasan terhadap sektor mana yang boleh dimodifikasi kecuali pada batasan yang terdapat dalam peraturan umum IAM di tahun ini, seperti tidak diperbolehkannya untuk melakukan perubahan pada jumlah, maupun jarak sumbu roda. Bersanding dengan kelas Players, kelas Tuners dimaksudkan bagi mobil-mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih terbilang fungsional untuk digunakan sehari-hari.

Pada kelas ini, terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilanggar bila kompetitor bermaksud untuk berkompetisi di kelas ini, diantaranya tidak diperbolehkannya body conversion alias mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur pada mobil, modifikasi pada bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

Sebagai barometer penyelenggaraan seri pameran dan kompetisi mobil modifikasi di Indonesia hingga Asia Tenggara, dan memiliki misi untuk terus memajukan dunia modifikasi mobil dan industri otomotif di
Indonesia, seleksi mobil-mobil peraih 150 awards/trofi tersebut akan dilakukan oleh independent judges yang berasal dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). ELITE point bersifat akumulatif dari keseluruhan seri penyelenggaraan IAM di Indonesia.

Lebih dari 250 peserta yang mengikuti IAM putaran final di Jakarta berasal dari perorangan maupun yang tergabung dalam puluhan klub lain yang tergabung dalam IAM Alliance, diantaranya KURANG TURU, HAMSTER, BM, NOZZLE, YANGTAUTAUAJA, AYEAYE, UNOTECH, GARASI 56, HOCY, APSPEED, ZOOM, EXCLUSIVE JAMBI, PLATINUM, EVOLUTION, HBC, GRAVINCI, DOLAN, BARSISEMBILAN, GESREXGANG, YC, XALVADOR, GLAMOUR, MAXXIO, TO, SIC, DTC, YES, SIRIONITY, KCSK, CHARADE OWNERS CLUB, AXOC, WNRT, ELITE SQUAD, LCC, GALACI, FD SQUAD, MOI, PKMB, CALSIC, CAI, TERIOS INDONESIA BATAVIA CHAPTER, PAMOR, IAS, SICI TANGERANG CHAPTER, NOS, GLOC, DAI, DXIC, BEGUNDAL PROJECT, TOVILITY, TSVC, SIRIONESIA, TVCI, dan masih banyak lagi.

DAIHATSU DRESS-UP CHALLENGE (DDC) & DAIHATSU TIME BATTLE 2018

Pada putaran final IAM 2018 di Jakarta, akan diselenggarakan pula final kompetisi satu merek Daihatsu Dress-up Challenge (DDC) yang merupakan kompetisi satu merek terbesar di Indonesia. DDC terbuka bagi semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor tanpa dibatasi jenis maupun tahun pembuatannya, untuk memperebutkan total hadiah sepanjang tahun 2018 senilai 166 Juta Rupiah.

Di tahun ini, DDC juga dihadirkan dengan sistem kompetisi baru, yang akan memilih 2 mobil modifikasi terbaik (Best dan Runner-Up) untuk tiap-tiap model Daihatsu yang diedarkan oleh Astra Daihatsu Motor saat ini, yaitu Sirion, Ayla, Xenia, Sigra, Granmax/Luxio, Terios, maupun kelas FFA yang diperuntukkan bagi mobil keluaran Daihatsu Indonesia yang sudah tidak lagi diedarkan.

Disamping itu, masih ada pula Daihatsu Club Championship yang merupakan klasemen klub mobil Daihatsu pengumpul point terbanyak, dihitung dari setiap mobil yang mengikuti dan menjuarai Daihatsu Dress-up Challenge di setiap seri penyelengaraan.

Disamping DDC, khusus pada putaran final yang akan berlangsung di Jakarta mendatang juga digelar Daihatsu Time Battle yang diperuntukkan khusus bagi mobil-mobil Daihatsu.

Tinggalkan Balasan