Akankah Chassis Premium Mercedes-Benz Bus O500RS 1836 Akan Reborn?

Akankah Chassis Premium Mercedes-Benz Bus O500RS 1836 Akan Reborn?

MobilKomersial.com –  PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz, mengirimkan surat undangan berisi rencana peluncuran dua varian baru bus Mercedes-Benz yang akan dilaksanakan pertengahan pekan ini. Tidak disebutkan tipe bus apa yang akan diluncurkan tersebut. Namun, kami mendapati informasi kemungkinan salah satu bus yang akan diluncurkan tersebut adalah bus premium bermesin belakang O500RS 1836.

.

Apakah bus O500RS 1836 merupakan reborn atau kelahiran kembali chasiss berkode OC500RF 1838 yang pernah dipasarkan Mercedes-Benz Indonesia di tahun 2013? Kita belum tahu pasti. Namun dari kode chassis busnya, kemungkinan memiliki kemiripan, terlebih jika melihat spesifikasinya.

.

Kita ulas saja chassis OC500RF 1836 yang pernah meluncur di 2013 lalu. Bus ini merupakan tipe bus bermesin belakang tipe space frame yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara atau air suspension pada kaki-kakinya. Sementara gross vehicle weight bus ini mencapai 18 ton atau 2 ton lebih tinggi dari chasis Mercedes-Benz OH 1626 yang saat ini dipasarkan dan produknya banyak dibeli oleh sejumlah perusahaan otobus (PO) di Tanah Air seperti Big Bird.

.

Bus ini ditenagai mesin diesel empat silinder bertenaga maksimum 360 PS. Tipe chassis space frame membuat bus ini mudah dikaroseri untuk memberikan ruang bagasi yang ekstra lega dan lapang di bagian bawah dek penumpang. Kenyamanan maksimal diberikan bus ini dengan suspensi udara yang dirancang independent pada axle depan dengan payload 7,1 Ton dan di axle belakang dengan payload 11,5 ton.

.

.

.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan