Bus Scania K410 IB Double Decker Bawa Iring-iringan Pawai Kemenangan Persija Juara Liga 1 2018

(Last Updated On: 16 December 2018)

Jakarta, MobilKomersial.com – Ada pemandangan amat menarik di acara arak-arakan para pemain Persija, Jakarta, saat para pemain berpawai merayakan kemenangan sebagai juara Liga 1 2018 dari Gelora Bung Karno menuju ke Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Para pemain Persija bersama supporter naik di atas bus double decker atap terbuka berwarna merah dan bertuliskan ‘Champion’ di sisi samping bus dalam pawai tersebut. Ikut bergabung pula di pawai ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ikut larut dalam kebahagiaan bersama ribuan suporter Persija. Praktis hari itu suasana Kota Jakarta sepanjang jalur dari GBK menuju Balai Kota berubah menjadi berwarna oranye, warna khas kebanggaan Persija.

Ternyata bus yang ditumpangi para pemain dan Gubernur DKI Jakarta tersebut adalah bus Scania K410 IB 6×2. Bus bertenaga badak ini dibekali mesin 13 liter DC13 107 K01 Euro 3 4 Stroke 6- cylinder in-line dengan 4 katup per silinder yang telah dilengkapi denganturbo charged, intercooled, serta Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) dan air cleaner. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 306kW (410 hp) pada 1900 rpm.

Menurut Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono yang ditemui jurnalis di sela acara di kawasan Sarinah, Jakarta, bus tersebut merupakan sumbangan (donasi) dari PT United Tractors Tbk, distributor tunggal bus dan truk Scania di Indonesia. Bus donasi ini bisa jadi sebagai ungkapan terima kasih United Tractors kepada Pemprov DKI yang selama ini telah mempercayakan pengadaan armada bus Transjakarta busway kepada Scania, merk bus ternama dari Eropa.
Memang, saat ini ada ratusan unit armada bus Scania berbagai tipe, single dan articulated, yang lalu lalang menghiasi jalanan ibukota menjadi armada bus Transjakarta. Bus-bus tersebut melayani berbagai koridor.

Agung Wicaksono mengatakan, bus ini memiliki kapasitas penumpang hingga 44 orang. Di dek bawah bisa mengakomodir 32 orang dan 10 orang di dek atas. Agung menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menyematkan nama khusus untuk bus berkelir merah dan silver dengan tulisan dan logo Persija di bagian kaca depan atas tersebut. Pihaknya berancang-ancang membuat sayembara khusus untuk menjaring masukan dari masyarakat untuk berpartisipasi memberikan nama untuk bus spesial ini.

Penulis: Arieffandi

Leave a Reply

Your email address will not be published.