Cabut dari India, MAN Trucks Garap Pasar Kamerun

MAN Trucks Garap Pasar Kamerun

Kamerun, MobilKomersial.com – Setelah resmi memutuskan cabut dari pasar India untuk selamanya mulai akhir tahun 2018 ini,  MAN Trucks and Bus menemukan ceruk pasar baru di Afrika, yakni di Kamerun. Di negeri yang terkenal dengan para pemain sepak bolanya ini, MAN Trucks and Bus resmi menancapkan bisnisnya dengan memasarkan truk-truk MAN di pasar lokal.

Untuk pemasaran truk-truknya di Kamerun, MAN menggandeng perusahaan lokal sebagai agen pemegang merk (APM)-nya, yakni BIA. Prosesi penunjukan BIA sebagai distributor tunggal truk MAN di Kamerun dilakukan Douala, kota penting di Kamerun pada Selasa, 4 Desember 2018 kemarin.

BIA sebenarnya bukan perusahaan lokal 100 persen karena merupakan perusahaan distributor kendaraan asal Belgia. BIA juga memiliki bisnis distribusi kendaraan di sejumlah negara Afrika lainnya seperti Republik Demokratik Kongo, Nigeria, Chad, Guinea Ekuator dan Republik Afrika Tengah.

MAN Trucks Garap Pasar Kamerun

Sejumlah sumber menyebutkan, untuk mendukung pemasaran truk-truk MAN di Kamerun, BIA akan menggandeng perusahaan pembiayaan Alios Finance. Alios Finance sendiri kini memiliki dukungan modal kuat untuk mendukung ekspansi bisnis pembiayaannya setelah menerbitkan obligasi bernilai besar di Bursa Efek Douala (DSX).

Seperti diketahui MAN Trucks and Bus kini resmi keluar dari pasar India setelah menghadapi tekanan persaingan yang keras di negeri tersebut. MAN Trucks harus menghadapi gempuran sejumlah merk, pemain truk lokal seperti Tata Motors, Eicher, hingga Ashok Leyland untuk merebut pasar lokal. MAN Trucks and Bus juga harus bertempur melawan BharatBenz, brand kendaraan komersial anak usaha Daimler di India. MAN Trucks and Bus memiliki satu pabrik perakitan truk dan bus di India dan kini dibeli oleh perusahaan otomotif India, Force Motor.

 

Penulis: Arieffandi

 

Tinggalkan Balasan