Cara Mengemudi Mobil Matik Agar Transmisi Awet

iCara Mengemudi Mobil Matik Agar Transmisi Awet

Foto: istimewa

(Last Updated On: 22 December 2018)

MobilKomersial.com – Cara Mengemudi Mobil Matik Agar Transmisi Awet. Mobil yang bertransmisi otomatis lebih senang dikendarai terutama di jalanan ibu kota yang terkenal dengan kemacetannya. Selain lebih mudah di kemudikan, mobil yang bertransmisi otomatis juga nyaman di kemudikan, karena tidak perlu menginjak kopling dan memindahkan gigi.

Nah berikut ini ada beberapa tips bagi pengguna mobil matik agar transmisinya tidak cepat rusak.

1. Pindah Ke “N” Saat berhenti lama

Lampu merah di ibukota terkadang suka lama, usahakan pindahkan gigi dari posisi “D” ke “N”. Karena beban transmisi bakal jadi berlebih. Hal itu disebabkan karena kerja mesin masih di topang sama gearbox

2. Jangan Langsung Kebut saat Pindah Gigi dari “N” ke “D”

Begitu lampu hijau menyala, segera pindahkan gigi “N” ke “D”. Akan tetapi, usahakan jangan langsung tancap gas. Karena komponen seperti torque converter dan shaft output tidak bisa bekerja dengan cepat. Jadi sangat dianjurkan untuk menginjak pegal gas diurut atau secara perlahan lahan.

3. Dilarang Pindah Gigi saat RPM Tinggi

Pindah gigi saat RPM tinggi juga tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan gesekan keras di dalam transmisi. Hal ini bisa berakibat usia kopling di dalamnya menjadi lebih pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.