Dishub Kabupaten Cirebon Sambangi 2 PO Cek Kelayakan Bus

Kemenhub Minta Pemudik Gunakan Bus, Kondisi Sudah baik Ramp check angkutan lebaran di terminal kalideres (foto wartakota)

Ramp check angkutan lebaran di terminal kalideres (foto wartakota)

(Last Updated On: 18 December 2018)

Cirebon, MobilKomersial.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon pada Senin (17/12/2018) kemarin mengecek kelayakan kendaraan dua pool bus yakni Perusahaan Otobus (PO) Sahabat dan PO Bhineka.

Tim penguji KIR Dishub, Eddy Suzendi, pengecekan bus meliputi rem, ban serta komponen lainnya. Menurutnya, pengecekan dikhususkan bagi bus pariwisata dan reguler.

“Biasanya, bus yang ada di pul itu sudah dalam keadaan siap, itu pengalaman di tahun-tahun lalu. Makanya kita akan koordinasi dengan pihak Dishub Provinsi Jawa Barat serta kementerian untuk mengecek lokasi wisata dan terminal,” kata Eddy dikutip Viva.co.id, Senin (17/12).

Dijelaskan Eddy, biasanya bus yang dibawa ke lokasi wisata ada yang tidak layak. Untuk itu pihaknya akan mencoba turun langsung ke lokasi wisata.

“Tepatnya di lokasi wisata mana, kita akan koordinasi dulu. Biasanya di musim liburan seperti ini banyak warga yang menyewa bus wisata. Kalau ditemukan bus tidak layak di lokasi wisata, ya sudah kita kandangkan, sementara penumpangnya kita pindahkan ke bus lain,” tukasnya.

Eddy menambahkan, nantinya akan ada empat pul bus yang akan diperiksa. “Kita ingin tahu sistem manajemen keselamatan tiap perusahaan bus seperti apa, pengecekan akan kita lakukan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.