Dishub Pantau Arus Lalin Saat Libur Nataru

Jawa Barat, MobilKomersial.com – Pemantauan arus lalu lintas di sejumlah titik jalur wisata di Jawa Barat telah dilakukan. Libur panjang Natal banyak masyarakat yang akan melakukan liburan dengan perjalanan, khususnya ke tempat wisata. Berdasarakan pemantauan dilapangan yang dilakukan mulai dari jalan raya Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Puncak Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor hingga Kabupaten Sukabumi terdapat sejumlah kemacetan dan kepadatan kendaraan.

Kendaraan yang melintasi jalur padalarang menuju arah Bandung terjadi kepadatan kendaraan mulai dari Simpang Tiga Padalarang hingga desa Citatah. Antrean kendaraan dengan kondisi laju padat merayap hingga mencapai 10 Kilometer.

Kemacetan di jalan raya Bandung-Cianjur tepatnya desa Ciranjang Cianjur, kepadatan terjadi dari arah Cianjur menuju Bandung dan juga sebaliknya yang di dominasi kendaraan roda empat. Hingga pemantauan di jalan raya puncak terjadi kepadatan kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

Baca juga : Kemenhub Lakukan Ramp Check 29 Ribu Bus Jelang Libur Nataru

Untuk mengatasi kepadatan di daerah Puncak Bogor,  Satlantas Polres Bogor telah memberlakukan sistem satu arah (one way) atau buka tutup jalur sejak pukul 06.30. Beberapa titik dijalur puncak pun sedang dilakukan retaining wall perbaikan dinding tebing agar tidak terjadi longsor.

Sistem satu arah di berlakukan di jalan raya Ciawi Kabupaten Bogor dari arah Ciawi menuju puncak, antrean kendaraan dijalur tersebut terjadi hingga sepanjang 2 kilometer.

Berbeda dengan jalan tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) yang terpantau lancar. Tidak terjadi kepadatan di ruas jalan tol Bocimi dari kedua arah. Masyarkat pengguna jalan dari bogor menuju Cianjur lebih banyak melalui jalan raya Cibadak, Sebagian kendaraan yang menuju Cianjur di alihkan melalui jalan Raya Cibadak. Hingga akhirnya jalan Raya Cibadak Kabupaten Sukabumi tidak luput dari kepadatan kendaraan yang menyebabkan kemacetan. Antrean di ruas jalan tersebut hingga mencapai 10 Kilometer, tidak hanya kepadatan kendaraan kemacetan ini juga diakibatkan adanya hambatan samping seperti pasar dan perbaikan darinase saluran air di pinggir jalan.

Sumber : Dishub Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.