Iveco Trakker dan Astra Jadi Armada Damkar untuk Bandara Kertajati, Subang

(Last Updated On: 26 December 2018)

Jakarta, MobilKomersial.com – Pabrikan truk dan bus berbasis di Turin, Italia, Iveco, mendapat kepercayaan memasok truk armada pemadam kebakaran (damkar) untuk Bandara Internasional Kertajati di Subang, Jawa Barat.  Total ada dua unit truk Iveco yang dioperasikan bandara megah ini. Jenisnya adalah Iveco Trakker dan Iveco Astra.

Dengan pengiriman 2 armada damkar untuk Bandara Internasional Kertajati ini maka total ada lebih dari 40 kendaraan pemadam kebakaran Iveco yang digunakan di berbagai bandara Indonesia dalam 9 tahun terakhir.

Keterangan pers Iveco Indonesia menyebutkan, Iveco Trakker dan Iveco Astra dipilih karena kualitas tinggi, keandalan, dan kekokohan kendaraan pemadam kebakaran ini yang sangat penting dalam misi penyelamatan dan kebakaran di Indonesia. Sejak 2009 Iveco telah memasok lebih dari 40 truk pemadam kebakaran ke bandara di seluruh Indonesia.

Berbicara pada acara penyerahan dua armada damkar ini, Iman Firmansyah, Manajer di ARFF Bandara Kertajati mengatakan pihaknya sangat senang memiliki dua truk Iveco di armada jajaran armada damkarnya. “Kendaraan ini telah melewati semua pengujian kami termasuk kecepatan tertinggi dan akselerasi, uji pengereman, dan laju pelepasan air dan jangkauan untuk memastikan kru pemadam kebakaran kami dapat bekerja dengan aman dan dengan kinerja tinggi selama setiap operasi,” sebut Iman Firman.

Iveco Trakker merupakan truk rigid dengan konfigurasi kaku 6×4 bertenaga 380 horse power dan dirancang untuk misi paling ekstrem dan dapat diandalkan untuk memberikan kinerja yang sangat kuat di mana pun ada risiko kebakaran yang tinggi. Truk yang dikirim, dimodifikasi oleh perusahaan karoseri spesialis damkar Kajama, dan bisa membawa kru damkar dan peralatan yang dibutuhkan untuk memadamkan api. Struktur bagian atas truk dibangun khusus dilengkapi dengan pompa air sentrifugal, tangki air, tangki konsentrat busa, sistem pemadam bubuk, peralatan intervensi cepat.

Sementara, Iveco Astra HD9, merupakan truk rigid dengan konfigurasi kaku 4×4 bertenaga 540 horse power, dirancang khusus untuk misi berat dan khusus yang membutuhkan alat berat seperti tangga, platform, tangki air, dan pompa. Dengan sasis dan komponen rangka bodi yang kuat, sistem suspensi belakang IvecoAstra didukung oleh cross bar tandem “Power Ring”. Sementara gandar depannya dapat mencapai menahan beban hingga 10 ton. Mesin dengan torsi tinggi dan tenaga besar dikombinasikan dengan transmisi otomatis membuat Astra mampu menghasilkan mobilitas on-road dan off-road yang sangat baik dan melaju dengan kecepatan tinggi dalam situasi darurat.

PT Chakra Jawara sebagai agen pemegang merk memberikan dukungan penuh pada layanan purna jual untuk kedua truk ini termasuk suku cadang, servis dan pembiayaan.

Penulis: Arieffandi

1 thought on “Iveco Trakker dan Astra Jadi Armada Damkar untuk Bandara Kertajati, Subang

Leave a Reply

Your email address will not be published.