Kenalkan Sakoci, Bus Wisata Kota Cimahi Siap Antar Keliling Tempat Bersejarah

bus sakoci (foto jabarnews.com)

bus sakoci (foto jabarnews.com)

Bandung, MobilKomersial.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat Melalui Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu lalu telah menyerahkan Bus Wisata Perkotaan ke beberapa wilayah di Jawa Barat, salah satunya Kota Cimahi. Kota Cimahi memberi nama bus wisata tersebut yakni Saba Kota Cimahi (Sakoci ), yang merupakan bus untuk edukasi masyarakat agar bisa mengenal sejarah Kota tercintanya.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, Saba Kota Cimahi ( Sakoci ) bukan sekadar bus yang digunakan untuk wisata oleh masyarakat.

“Bus ini kan untuk digunakan masyarakat Kota Cimahi sebagai bus wisata edukasi, nantinya masyarakat bisa mengenal wisata militer dan bangunan bersejarah. Jadi jangan sekedar jalan-jalan saja,” kata Ajay di Kota Cimahi, Selasa (25/12/2018).

Desain bus wisata milik Kota Cimahi ini menonjolkan ciri khas kota dengan konsep yang cukup unik dengan konsep art deco dibalut warna hijau army. Bus ini memiliki satu lantai mirip dengan bus wisata Bandros milik Kota Bandung.

“Tapi bus ini dibuat hanya satu tingkat dengan mempertimbangkan faktor keselamatan. Kita harus buat sebaik mungkin karena faktor keamanan sangat penting,” tukas Ajay.

Sementara itu, Kadisbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja menyebut, bus Sakoci akan dioperasikan setelah menggelar rakor dengan instansi terkait, kemudian akan dilakukan uji coba.

“Rutenya sudah ditentukan sebanyak tiga jalur dengan melintasi jalan dengan bangunan bersejarah (Heritage Militer). Namun, sebelum itu ada rakor dengan instansi terkait untuk operasionalnya,” katanya.

Menurut Budi, masyarakat Kota Cimahi saat ini sudah menantikan bus tersebut bisa beroperasi, namun pihaknya harus melengkapi fasilitasnya seperti keiinginan wali kota.

“Bus dilengkapi dulu dan akan kita siapkan setelah disempurnakan. Setelah itu baru bisa digunakan untuk umum,” katanya.

Program Wisata Heritage Militer ini akan diintegrasikan dengan bus wisata. Sehingga daya tarik wisata di Kota Cimahi bisa terangkat dan menghadirkan peluang ekonomi bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.