Libur Nataru, Kemenhub Prediksi Jumlah Penumpang Bus Turun 5,66 Persen

Kemenhub Tidak Menaikkan Tarif Tiket Bus pada Mudik Lebaran 2018

Jakarta, Mobilkomersial.com – Jumlah penumpang bus dan angkutan umum pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 diprediksi turun sebanyak 5,66 persen dari 4.423.461 menjadi 4.173.278 angkutan.

Hal itu seperti diungkapkan Kasub Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Avi Mukti Amin yang mengatakan bahwa selama masa angkutan Nataru, masyarakat diperkirakan akan beralih menggunakan moda transportasi lainnya di antaranya angkutan sungai dan danau (ASDP).

“Karena memang saudara kita yang melaksanakan Nataru lebih banyak di Indonesia timur, sehingga angkutan sungai dan penyeberangan ke wilayah timur akan mengalami kenaikan sebanyak 13,52 persen,” ungkapnya dikutip Tribunnews, Rabu (5/12/2018).

Dijelaskan Avi, selain menggunakan transportasi ASDP,  penurunan ini juga diakibatkan berubahnya pola perjalanan masyarakat. Mereka lebih memilih ke tempat-tempat rekreasi menggunakan kendaraan pribadi.

“Kita edukasikan penurunan ini karena beralihnya ke mobil pribadi. Perjalanan ke Nataru ini lebih ke tempat wisata atau keramaian,” tukasnya.

Akan tetapi,  lanjut Avi,  jumlah angkutan pribadi secara empiris belum bisa diprediksi karena harus koordinasi dengan jasa marga. “Tahun ini harus evakuasi dengan tahun sebelumnya keluar masuk Jabodetabek ada tiga pintu, yaitu Cikarang, Ciawi dan Merak,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kemenhub sudah menyiapkan 49.376 bus (AKAP, AKDP, Pariwisata) di 48 terminal. Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan program mudik Nataru gratis menggunakan bus.

Sebanyak 50 bus yang dapat menampung 2.250 penumpang disediakan untuk tujuan Yogyakarta, Solo, Semarang, Boyolali dan Malang. Hingga 16 November 2018, kuota kursi yang tersedia untuk mudik gratis sebanyak 1.568. 

Tinggalkan Balasan