Libur Nataru, Menhub Budi Imbau Naik Bus yang Sudah Lulus Ramp Check

Bus yang Tidak Lolos Uji Kelaikan Dilarang Angkut Pemudik Uji Kelaikan oleh Menhub Budi Karya (foto Tempo)

Menhub Budi Karya (foto Tempo)

(Last Updated On: 10 December 2018)

Jakarta, Mobilkomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewajibkan semua bus pariwisata menjalankan ramp check atau pemeriksaan kelaikan angkutan. Hal itu dilakukan dalam menyambut masa libur Hari Raya Natal dan tahun baru 2019.

“Ya memang kalau Natal dan tahun baru itu biasanya berkaitan kecelakaan, terutama bus. Maka saya minta kepada dishub, kita juga minta bantuan dari Polri untuk melakukan ramp check, secara khusus itu bus wisata,” kata Budi dikutip Detikcom di Jakarta, Minggu (9/12).

Budi mengimbau untuk para calon pengguna bus agar terlebih dahulu menanyakan kelaikan bus sebelum menaiki bus yang akan digunakan.

“Saya juga minta mereka-mereka yang akan menggunakan (kendaraan) wisata, tanya dulu itu busnya, surat ramp check-nya mana, kalau nggak ada (suratnya), urungkan naik bus itu, ini berkatian dengam keselamatan penumpang,” ujarnya.

Seperti pada pelaksanaan pemeriksaan kelaikan angkutan pada libur Natal-tahun baru tahun lalu, ada 70 persen bus yang menjalani ramp check dan sebanyak 30 persen bus harus ditindak karena tak menjalani ramp check. Mekanisme akan dilakukan dengan sama. Bila ada bus yang tak menjalani ramp check, akan diberhentikan di jalan oleh petugas dan aparat.

“Jadi di jalan, kalau nggak ada ramp check, ya bus kita berhentikan,” tukas Budi.

Selain itu, Budi akan mengecek langsung kondisi angkutan bus. Caranya, dia dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan naik bus dari Ibu Kota ke Surabaya.

“Saya dengan Pak Basuki akan nyoba ke Surabaya naik bus. Yang kedua, saya akan ke Bandara Soekarno-Hatta, mungkin juga ke Stasiun Gambir dan Senen, untuk melihat proses kereta api. Dan bus, saya akan sidak ke beberapa titik,” pungkas Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.