Menhub Budi Karya Akan ‘Ramp Check’ Bus Pariwisata

Sewa Bus Pariwisata, Konsumen Berhak Tahu SIM, Kartu Pengawasan Sampai Kondisi Ban

Sewa Bus Pariwisata, Konsumen Berhak Tahu SIM, Kartu Pengawasan Sampai Kondisi Ban

Jakarta, MobilKomersial.com – Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan ke sejumlah kota destinasi wisata untuk meninjau kelaikan bus pariwisata yang digunakan masyarakat.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, mengatakan Menteri Budi Karya didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Kesehatan dan Kapolri akan bertolak dari Jakarta menuju sejumlah tujuan wisata yang banyak didatangi masyarakat saat pergantian tahun.

“Pak Menteri Perhubungan ingin memberikan motivasi, meyakinkan, dan mengecek bahwa kendaraan bus wisata yang dipakai masyarakat sudah dilakukan ‘ramp check’,” kata Budi.

Sejumlah kota yang akan dikunjungi Menhub, antara lain Subang, Candi Borobudur Magelang, Tawangmangu, Danau Sarangan Magetan, Malang, Kota Batu hingga Surabaya.

Budi mengatakan sejumlah destinasi tersebut dinilai rawan karena terdapat tanjakan dan turunan jalan curam yang berpotensi membahayakan penumpang jika bus tidak layak beroperasi.

Budi menjelaskan bahwa belakangan ini kecelakaan lalu lintas banyak melibatkan bus wisata. Menurut dia, bus wisata rentan tidak dilakukan pengecekan uji kelaikan (ramp check) kendaraan karena umumnya bus langsung berangkat menuju destinasi wisata tanpa singgah ke terminal dahulu.

“Berbeda dengan bus reguler, dari pool ke terminal, di sana dilakukan ‘ramp check’ kemudian langsung ke tujuan terminal lain,” kata Budi.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan mengimbau agar perusahaan operator bus wisata benar-benar melakukan uji kelaikan kendaraan khususnya terhadap bus yang digunakan masyarakat pada pergantian tahun.

Masyarakat juga berhak untuk bertanya apakah bus wisata yang dinaiki telah melakukan uji kelaikan kendaraan, memiliki surat-surat kendaraan lengkap, termasuk kartu KIR dan memastikan langsung kepada pengemudi terkait lokasi yang dituju.

 

sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.