Mercedes-Benz Luncurkan Dua Varian Bus Baru Pekan Ini

Mercedes-Benz Luncurkan Dua Varian Bus Baru Pekan Ini

MobilKomersial.com – Sepucuk surat undangan tiba datang dari PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz. Isinya, undangan tentang rencana peluncuran dua varian baru bus Mercedes-Benz yang akan dilaksanakan pertengahan pekan ini. Kabar baik ini kemudian kami coba telusuri.

.

Akhirnya kami mendapati informasi bahwa dua varian bus yang diperkirakan akan diluncurkan tersebut adalah bus Mercedes-Benz OF 1623 bermesin depan dan bus Mercedes-Benz O500RS 1836 bermesin belakang.

.

Jika ini benar, maka dengan kehadiran bus OF 1623 akan menjadi kelanjutan dari rencana Mercedes-Benz untuk kembali memasarkan bus besar bermesin depan di Indonesia setelah sejak sekitar tiga dekade lalu tidak lagi menjual bus bermesin depan di Indonesia. Model bus yang pernah dipasarkan di Indonesia oleh Mercedes-Benz adalah OF 1113.

.

Sebelumnya, DCVI telah memperkenalkan bus OF 1623 di pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di JCC Senayan, Jakarta, bulan Mei 2018 lalu. Saat itu bus ini masih dipamerkan dalam wujud chassis.

. Mercedes-Benz Luncurkan Dua Varian Bus Baru Pekan Ini

OF 1623 merupakan bus bermesin depan dengan tenaga tertinggi di kelasnya, mencapai 230 PS. Sementara, kompetitor yang selama ini menjadi satu-satunya pemain bus di tipe mesin depan, yakni Hino A215 memiliki tenaga maksimal hanya 215 PS.

.

Mercedes-Benz OF 1623 memiliki total gross vehicle weight 16 ton. Sementara, tenaga 230 PS-nya dipasok dari mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3.

.

Menurut Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT DCVI,Mercedes-Benz OF 1623 didesain untuk transportasi kota. Bus ini sudah dilengkapi fitur keamanan khas Mercedes-Benz seperti pengereman full air brake dengan auto slack adjuster yang membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu menyetel ulang komponen rem secara berkala.

.

Mercedes-Benz OF 1623 menggunakan suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic dengan stabilizer, dan chassis ladder frame. Sementara, bus O500RS 1836 merupakan bus premium bermesin belakang. Bus ini sebelumnya pernah dipasarkan secara terbatas ke kalangan beberapa perusahaan otobus di Indonesia dan sudah dilengkapi dengan suspensi udara untuk kenyamanan maksimal penumpangnya.

.

 Mercedes-Benz Luncurkan Dua Varian Bus Baru Pekan Ini.

.

.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan