Natal dan Tahun Baru, Bus Antarkota di Terminal Arjosari Jalani Ramp Check

(Last Updated On: 16 December 2018)

Malang, Mobilkomersial.com – Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2019, petugas Dinas Perhubungan Kota Malang melakukan screening terhadap bus-bus antarkota yang masuk dan keluar di Terminal Arjosari, Kota Malang. Stiker yang ditempel di kaca depan bus ini merupakan penegasan bahwa bus tersebut laik jalan dan boleh beroperasi mengangkut penumpang selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019. Penempelan stiker laik operasi ini menurut pihak Dishub Kota Malang untuk memastikan bahwa bus-bus yang beroperasi di terminal terbesar di Kota Malang ini layak digunakan masyarakat sehingga memberikan rasa aman, termasuk dari risiko bus mengalami kecelakaan di jalan.

“Penempelan stiker laik operasi ini untuk mengantisipasi supaya tidak ada kecelakaan yang disebabkan bus yang tidak laik jalan tapi masih beroperasi,” ungkap seorang petugas, Sabtu (15/12/2018).

Sebelum ditempeli stiker laik operasi pada kaca depannya, bus tersebut menjalani ramp check singkat oleh petugas untuk mengecek kondisi fisik bus serta komponen-komponen penting bus seperti mesin, rem, lampu rem,  lampu depan, lampu sein, dan sebagainya.
Saat ini Terminal Arjosarasi mengakomodiri sekitar 70 bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Dari hasil pemeriksaan, mayoritas bus yang beroperasi di terminal ini dinyatakan laik jalan.

Kegiatan rap check bus-bus yang beroperasi di Terminal Arjosari bukan kali ini saja dilakukan. Langkah serupa juga dijalankan petugas saat menjelang musim mudik Lebaran. Seperti dilakukan bulan Juni 2018 lalu, ramp check dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono.

 

Penulis : Ariefandi

Leave a Reply

Your email address will not be published.