Pemprov Jabar Serahkan 50 Unit Bus ke Sejumlah Wilayah di Jabar

Pemprov Jabar Serahkan 50 Unit Bus ke Sejumlah Wilayah di Jabar (foto Sindonews)

Pemprov Jabar Serahkan 50 Unit Bus ke Sejumlah Wilayah di Jabar (foto Sindonews)

Bandung, MobilKomersial.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan melakukan serah terima puluhan unit bus kepada sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota di Jabar. Puluhan unit bus yang terdiri dari 50 unit bus rapid transit (BRT) dan 17 unit bus sekolah itu merupakan hibah yang diterima Pemprov Jabar dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun Kabupaten/Kota penerima bus tersebut seperti Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu serta Pemerintah Kota Bekasi, Tasikmalaya, dan Banjar.

Serah terima bus dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Nusantara Tingkat Jabar Tahun 2018 di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018)

“Alhamdulillah, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan menyerahkan hibah BRT dan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan,” ungkap Gubernur yang akrab disapa Emil itudikutip sindonews, Eabu (19/12).

BRT merupakan moda transportasi massal berkonsep pelayanan khusus dan berbiaya terjangkau dengan sistem pembayaran di halte bus. BRT memiliki jalur khusus, halte tertutup, dan sistem informasi khusus bagi penumpang.

Sedangkan bus sekolah digunakan untuk menunjang operasional pelajar. Bus sekolah hibah dari Kemenhub itu juga diberikan kepada perguruan tinggi, yayasan, dan pesantren di Jabar.

Emil berharap, kehadiran puluhan unit bus hibah itu menjadi salah satu solusi untuk memecahkan kepadatan lalu lintas dan menekan polusi udara di wilayah perkotaan.

“Outputnya bisa mewujudkan pelayanan yang cepat, nyaman, aman, terjangkau dan tentunya untuk mengurangi kemacetan dan polusi,” tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.