Persaingan Keras dengan Kereta Api dan Pesawat Terbang, PO Lorena Tata Ulang Trayek Bus AKAP

PO Lorena Tata Ulang Trayek Bus AKAP

Jakarta, MobilKomersial.com – Persaingan keras di kalangana operator jasa transportasi darat dan udara membuat operator bus antar kota antar provinsi (AKAP) harus memainkan strategi baru agar perusahaannya tetap berkibar dan diminati pelanggan. Seperti dilakukan oleh manajemen PT Eka Sari Lorena Transport Tbk. Perusahaan ini kembali melanjutkan kebijakan penataan ulang strategi bisnisnya pada trayek-trayek bus AKAP yang bersinggungan dengan rute kereta api dan pesawat terbang. Strategi ini sudah mulai dijalankan di tahun 2017 yakni mengubah orientasi dari layanan transportasi massal ke layanan transportasi butik.

“Perseroan akan merubah secara berangsur-angsur, layanan dari Kelas Eksekutif menjadi kelas Super Ekeskutif untuk meningkatkan tingkat pelayanan kepada para pelanggan,” sebut Herlisa Dessy H Silalahi, SE, Finance Director, PT Eka Sari Lorena Transport, Tbk dalam keterangan persnya, Senin (3/12/2018).

Herlisa menyebutkan, Lorena akan mengubah secara bertahap konsep layanan penumpang dari semula bus kelas eksekutif menjadi kelas super ekeskutif. Selain itu, Lorena juga akan mengevaluasi ulang trayek bus malam AKAP yang selama ini dilayaninya terutama yang trayeknya berkompetisi langsung dengan layanan maskapai penerbangan dan kereta api. Trayek yang bersinggungan akan digeser ke trayek-trayek lain yang masih memiliki potensi pasar.

Herlisa menyebutkan semua strategi ini merupakan upaya perseroa untuk menghadirkan diferensiasi dalam produk dan layanan jasa ke penumpang sekaligus agar Lorena tetap bisa bersaing melawan para kompetitornya. Sejak pertengahan tahun kedua 2018 ini Lorena sudah merintis bisnis sewa armada bus dengan kontrak di atas 1 tahun dengan sasaran adalah pelanggan korporasi. Strategi lain yang dijalankan adalah menguatkan layanan Commuter Lines Transjabodetabek Reguler dan Jakarta Residence Connexion.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan