PO Borlindo Siap Operasikan Bus Double Decker di Sulawesi

PO Borlindo

Jakarta, MobilKomersial.com – Perusahaan Otobus (PO) Borlindo siap mengoperasikan bus tingkat atau bus double decker pertama di Pulau Sulawesi seiring dengan telah selesai dibuatnya pesanan 1 unit bus double decker dari Karoseri Laksana, Ungaran. Hari Minggu, 2 Desember 2018 lalu bus tersebut dikirim dari karoseri Laksana di Ungaran  menuju Makassar, Sulawesi Selatan, menggunakan armada kapal laut untuk selanjutnya dioperasikan sebagai armada bus antarkota antarprovinsi (bus malam AKAP) di sana.

Bus pesanan PO Borlindo ini menggunakan model Legacy SR-2 XDD, model bus double decker yang pernah ditampilkan karoseri Laksana di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bulan Agustus 2018 lalu di BSD, Tangerang Selatan. Untuk chassisnya, bus ini menggunakan chassis Scania K410iB, chassis tipe 6×2 yang dipesan dari PT United Tractors Tbk, distributor chassis bus Scania di Indonesia.

Chassis yang mulai dipasarkan di Indonesia tahun 2016 ini merupakan tipe chassis paling premium dari Scania yang dipasarkan di Indonesia. Chassis ini ditenagai mesin diesel enam silinder empat katup DC13 107 K01 Euro 3 berkapasitas 13.000 cc. Mesin ini dilengkapi dengan turbo charged dan intercooled, serta Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) dan air cleaner. Tenaga maksimumnya adalah 306kW (410 hp) pada 1900 rpm/min.

PO Borlindo

Untuk menopang bodinya yang bongsor, bus ini disangga oleh 3 axle dengan kapasitas beban pada axle pertama di roda depan sebesar 7,5 ton, axle kedua dan ketiga di bagian tengah belakang sebesar 17,5 ton dengan total gross vehicle weight (GVW) 25000 kg.

Mesin ini diklaim lebih efisien handal dalam pengereman serta nyaman karena sudah mengadopsi teknologi suspensi udara (air suspension). Bus ini juga sudah dilengkapi dengan retarder dan Opticruise yang merupakan transmisi otomatis. Bodi bus memiliki panjang total 13,5 meter.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan