Tambah 10 Armada, Pemkot Surabaya Makin Mantap Operasikan Bus Kota Low Floor Suroboyo Bus

Surabaya, MobilKomersial.com – Pemerintah Kota Surabaya makin memantapkan diri mengelola moda transportasi bus kota ramah warga dengan armada yang lebih modern dan baru di Kota Surabaya melalui penambahan 10 unit armada baru Suroboyo Bus. Ke-10 unit armada baru Suroboyo Bus tersebut sudah tiba di Kota Surabaya pada Rabu, 26 Desember 2018 lalu setelah selesai dipesan dari pabrik karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Ke-10 armada baru Suroboyo bus berkelir merah ini melengkapi 10 armada Suroboyo Bus yang sudah lebih dulu beroperasi di Kota Surabaya. Berbeda dengan di DKI Jakarta yang armada bus Transjakarta-nya dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) dan perusahaan swasta yang menjadi mitranya, di Surabaya, semua armada Suroboyo Bus dikelola oleh Pemkot Surabaya sendiri. Karenanya, bus-bus tersebut memiliki plat nomor merah.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat, Kamis (27/12/2018) kemarin mengatakan, setelah seluruh bus tiba di Surabaya, seluruh armada bus baru ini ditempatkan sementara di Terminal Osowilangun di Surabaya Barat. “Bus-bus ini sifatnya masih sementara kita parkir di Terminal Osowilangon sambil menunggu pengecekan kelaikan dan penggantian plat nomor,” kata Irvan Wahyu Drajat.

Seperti armada bus Transjakarta yang non koridor, semua armada Suroboyo Bus dirancang memiliki lantai kabin yang rendah alias low floor karena bus ini 100 persen menggunakan chassis bus yang memang diperuntukkan armada bus kota. Akses naik dan turun penumpang, termasuk lansia menjadi mudah. Bus-bus bermesin Mercedes-Benz ini juga dilengkapi dengan suspensi udara sehingga ketinggian lantai bus bisa diatur saat bus berhenti, saat menurunkan atau menaikkan penumpang, serta saat bus berjalan.

Sisi samping bus dirancang dengan kaca yang lebar dan lebih rendah sehingga posisi penumpang di kabin bus menjadi mudah terlihat dari luar. Pemandangan penumpang dari dalam bus ke luar juga menjadi lebih lapang. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah tindak kejahatan dan pelecehan seksual kepada penumpang oleh orang tidak bertanggung jawab.

Bus ini eksteriornya juga dirancang unik karena memiliki dua punuk di bagian atap atas depan dan belakang membuatnya tampil khas. Untuk penunjuk rute dan tujuan, semua bus dilengkapi dengan screen yang bisa dengan mudah dilihat oleh calon penumpang saat akan naik ke bus. Pemkot Surabaya baru akan mulai resmi mengoperasikan bus-bus baru ini mulai awal 2019. Dengan penambahan armada ini, tentu saja layanan Suroboyo Bus menjadi lebih mudah dijangkau warga Surabaya. Waktu tunggu antar bus di setiap rute dan halte yang dilewatinya menjadi lebih pendek.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.