Terminal Terpadu Merak Siapkan 370 Bus AKAP Antisipasi Lonjakan Penumpang di Libur Natal

Jakarta, Mobilkomersial.com – Pengelola Terminal Terpadu Merak menyiapkan sebanyak 370 bus antarkota untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan mudik di libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Kepala Terminal Terpadu Merak Sugiyo Fattah mengatakan, dibandingkan dengan tahun lalu, di musim mudik Natal dan Tahun Baru 2019 kali ini diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 3 persen karena terjadi bersamaan dengan libur sekolah.

Sementara, puncak arus mudik penumpang yang akan menyeberang melalui terminal ini diperkirakan akan jatuh pada 22 Desember 2018 untuk puncak libur Natal dan tanggal 28 Desember 2018 saat puncak arus mudik libur Tahun Baru. Data tanggal prediksi puncak arus mudik ini sama seperti pada musim mudik Natal dan Lebaran tahun 2017.

Terminal Terpadu Merak yang berada di Banten, melayani bus-bus dari Pulau Jawa yang akan menuju Sumatera melalui penyeberangan Merak-Bakauheni dan sebaliknya. Terminal ini melayani penumpang selama 24 jam sehari dan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru ini pengelola menyiagakan 80 petugas.

Sugiyo Fattah mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan ramp check terhadap sekitar 230 bus yang beroperasi di terminal ini, mencakup bus dari berbagai perusahaan otobus (PO) di Pulau Jawa dan Sumatera. Sisa bus belum menjalani ramp check karena menjalani perbaikan di garasi PO bersangkutan alias sedang tidak beroperasi. Untuk mengendalikan lonjakan penumpang, kata Sugiyono Fatah, pihaknya melibatkan petugas kepolisian dan akan mendirikan posko mudik di sekitar area terminal.

Berdasar catatan kami, bus-bus AKAP yang melayani penumpang dari dan ke tujuan Merak adalah Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Blitar, Madiun, Solo, Surabaya, Semarang dan Jakarta. Terminal ini juga melayani penumpang tujuan kota-kota di Pulau Sumatera.

 

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.