Truk Tertua Buatan DAF Ditemukan, Dipamerkan di Perayaan Ulang Tahun Perusahaan Ke-90

(Last Updated On: 16 December 2018)

Eindhoven, MobilKomersial.com – Produsen truk asal Inggris, DAF, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-90. Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun 9 dekade ini, DAF mencoba mencari truk tertua milik konsumennya yang masih beroperasi sampai saat ini.

Dari upaya pencarian tersebut, akhirnya ditemukan sebuah truk DAF tua buatan tahun 1950-an. Truk ini dipamerkan di acara perayaan ulang tahun DAF.

Situs Automotive World melansir, DAF mengumumkan pencarian truk DAF tertua sejak awal 2018 ini melalui sebuah video yang ditayangkan di media sosial untuk ditampilkan di perayaan 90 tahun merk truk tersebut tahun ini. Video tersebut menampilkan sebuah cerita pendek tentang pedagang ternak di Irlandia yang menggunakan truk DAF untuk menunjang usahanya dengan setting awal tahun 1980-an. Sejak diunggah di media sosial, video ini telah ditonton oleh hampir setengah juta orang. Respons dari warganet pun membuncah dan akhirnya ditemukan truk DAF tua dalam wujud virtual teronggok di taman belakang di kompleks pabrik DAF di desa Bakel di Eindhoven.

DAF menyebutkan, truk ini sudah digunakan sejak akhir tahun 1950-an hingga awal 1960-an. Namun ternyata kondisi truk ini tidak memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan DAF. Yakni truk tersebut harus masih tetap aktif dioperasikan hingga saat ini untuk angkutan barang di jalan raya.

Akhirnya, muncullah truk DAF tua model DAF 1600, warga keturunan Belanda di Hoefnagels yang sehari-hari menggunakan truk ini untuk sarana transportasi di Belanda. Foto truk ini dikirim ke DAF melalui akun facebook oleh ayah dan anaknya, Frits dan Nicky Hoefnagels. Setelah dicek kondisi truk ini masih terbilang prima dan memenuhi kriteria truk tua yang diingini panitia ulang tahun ke-90 DAF.

Frits mengaku menggunakan truknya untuk mengangkut peralatan atraksi Lunapark yang tampil dari satu tempat ke tempat lain di Belanda untuk menarik penonton. Truk ini aktif beroperasi selama awal musim semi sampai akhir musim gugur.

Frits mengaku memiliki satu unit truk DAF 2800 buatan tahun 1975 dan dua unit truk DAF 1600 buatan tahun 1971. Frits juga mengaku memiliki dua truk DAF tua dengan penampilan mirip kodok buatan tahun 1968 dan 1969.

 

Penulis : Ariefandi

Leave a Reply

Your email address will not be published.