Wuling Kembali Raih Penghargaan ICOTY 2018, Setelah Meraihnya di Tahun 2017

Wuling Kembali Raih Penghargaan ICOTY 2018, Setelah Meraihnya di Tahun 2017

Jakarta, MobilKomersial.com – Indonesian Car of The Year  (ICOTY) 2018 persembahan dari majalah otomotif tertua di Indonesia, mobilmotor, diikuti 29 mobil dari 16 APM dan dibagi dalam 10 kategori.  Untuk tahun ini, ICOTY 2018 digelar di kawasan Jakarta dan Bogor pada 29 September – 7 November 2018.

“Semua peserta dikumpulkan di Cibubur Jakarta Timur dan siap untuk diuji di jalan tol hingga jalan perkotaan yang macet.  Sengaja dipilih dengan uji awal di jalan tol, walau kebanyakan finalis berupa SUV tapi telah disesuaikan dengan kondisi jaan perkotaan,” kata Rudi Kurniadi, Pemimpin Redaksi mobilmotor saat ditemui dalam acara penghargaan ICOTy 2018 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (19/12).

Dijelaskan Rudi, medan menanjak serta jalan jelek pun bisa ditemui di daerah kawasan Cibubur hingga Jalur Puncak.  Jarak tempuh pengujian oleh 5 juri mencapai total jarak 200km, cukup untuk bisa merasakan dan mencoba fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap finalis.

“Terbaru dalam ICOTY 2018, mobil diuji atau dinilai saat dikendarai saat malam hari, tata cahaya mobil-mobil finalis sudah sangat baik dan menarik.  LED sudah dijadikan penerangan standard di beberapa finalis dan tentunya apakah signature lamp yang dimiliki oleh beberpa mobil memberikan  daya tarik dan kesan kuat.  Ini menjadi santapan juri yang menilai keserasian desain para finalis,” tukas Rudi.

Mengikuti perkembangan teknologi otomotif khususnya para finalis ICOTY, atas dasar itu juri pun perlu membekali dirinya dengan pengetahuan baru tentang mobil-mobil terkini.  Juri menjadi kunci dalam penilaian ICOTY, seluruh juri mobilmotor ICOTY telah malang melintang dalam berbagai penjurian.  ICOTY 2018 dinilai oleh lima orang juri dari berbagai displin ilmu serta tim mobilmotor untuk pengukuran kemampuan mobil secara obyektif.

“Finalis ICOTY 2018, telah terjadi pergeseran dari MPV ke SUV, SUV mendominasi jumlah finalis disusul kategori MPV.  Sesuai dengan minat konsumen, model SUV perkotaan memang sedang digandrungi.  Walhasil, hampi semua  APM memiliki produk SUV dan tersedia dalam rentang harga yang cukup lebar.   Dominasi SUV dapat dilihat dimana terdapat 12 finalis SUV terbagi dalam 5 kategori, tutur Martinus, Ketua Dewan Juri ICOTY 2018.

Martinus menyebut, tujuan pengkategorian adalah untuk memudahkan calon konsumen dalam memilih mobil sesuai dengan kebutuhannya.  Pengkategorian utamanya didasarkan atas kapasitas mesin, kelengkapan atau fitur serta harga jualnya.

Secara garis besar, semua finalis telah dibekali teknologi maju.  Perbedaan teknologi yang disandang  lebih terkait dengan harga jual mobilnya, walau ternyata ada mobil dengan harga kompetitif tapi sarat teknologi.

“Dua pendatang baru di dunia otomotif Indonesia yaitu Wuling dan Glory berhasil menarik perhatian para juri serta pengunjung obyek wisata di Cibubur.   Teknologi dan fitur, keduanya sudah sangat lengkap, termasuk fitur pengukur tekanan ban serta penggunaan turbo intercooler.  Apa yang dimiliki keduanya benar-benar jauh dari perkiraan awal,” ungkap Martinus.

Di waktu yang sama, Brand Manager Wuling Motors  (PT SGMW Motor Indonesia) mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk perusahaannya. Selama dua tahun berturut-turut Wuling mampu meraih predika Best Value for Money untuk Wuling All New Confero S dan Best Medium MPV untuk wuling Cortez.

“Dengan raihan ini, kami berharap bisa menghasilkan produk yang lebih baik lagi untuk masyarakat Indonesia,” ucap Dian kepada MobilKomersial.com usai acara ICOTY 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published.