Asik, Kota Bekasi Bakal Punya Bus Sekolah

Bus Sekolah Gratis Menuju Lokasi Pertandingan Asian Games 2018

Bus Sekolah Gratis Menuju Lokasi Pertandingan Asian Games 2018

Bekasi, MobilKomersial.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, tengah mempersiapkan operasional satu unit bus sekolah.

“Kami terima pada akhir Desember 2018. Saat ini sedang pembahasan terkait operasionalnya nanti,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, dikutip Antara di Bekasi, Kamis (3/1/2018).

Yayan menyebut, saat ini bus yang didapatkan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu sudah terparkir di halaman Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi Selatan.

“Bus tersebut berukuran 3/4 dan berkapasitas tampung penumpang 21 orang. Bus ini diproduksi oleh karoseri New Armada,” terangnya.

Hingga kini, pihak Dishub masih melakukan pembahasan secara intensif dengan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pendidikan guna menentukan trayek operasionalnya.

“Sebab tidak mungkin bus sekolah ini sanggup menempuh perjalanan ke semua sekolah yang ada di 56 kelurahan dan 12 kecamatan, unitnya cuma satu,” tukas Yayan.

Menurut dia, rencana operasional yang memungkinkan untuk dilakukan adalah mengoperasikan bus itu secara berkeliling dengan jangkauan sejumlah sekolah yang saling berdekatan.

“Trayeknya sedang kita bahas, apakah sifatnya berkeliling ke sekolah terdekat, merambah sampai kecamatan atau justru perlu pengajuan penambahan unit baru,” ujarnya.

Bus sekolah tersebut rencananya akan dioperasionalkan melalui subsidi dari pemerintah daerah, sehingga penumpang dari kalangan pelajar bisa naik secara gratis. Saat ini pihak Dishub masih belum memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mengoperasionalkan bus tersebut. Sebab, Dishub masih mengkaji rute-rute yang bisa menjangkau banyak sekolah dalam sekali jalan.

“Jadi supaya bisa satu kali jalan dan tidak bolak-balik. Kapan bus mulai beroperasi? Kita masih bahas, yang penting kita persiapkan semuanya dengan baik,” kata Yayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.