Beberapa Cara Agar Dump Truck Selalu Prima

MobilKomersial.com – Beberapa pengusaha logistik, konstruksi maupun pertambangan banyak yang tidak memperhatikan armada dump trucknya. Seringkali bahkan dump truck diisi secara overload atau berlebihan dari berat yang seharusnya. Hal ini yang menyebabkan dump truck tidak berumur panjang dan harus mengalami kerusakan.

Untuk sektor konstruksi dan pertambangan, dump truck menjadi komponen penting karena fungsinya yang membawa muatan berat. Perawatan sangat penting untuk menjaga umur pakai dump truck, karena jika rusak, biaya perbaikan akan sangat mahal.

Penting untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga mesin dump truck agar tetap dalam kondisi prima. Karena sering digunakan dengan jarak yang jauh sehingga mesin terus on, sebaiknya selalu bersihkan filter udara dan ganti jika perlu sesuai aturan pabrikan.

Hindari mematikan mesin secara mendadak. Beberapa dump truck dibekali fitur khusus meskipun kunci kontak mati, namun mesin masih tetap hidup sampai suhu mesin normal kembali.

Hidrolik merupakan komponen vital dari sebuah dump truck. Untuk itu, pastikan tidak ada kebocoran pada sistem hidrolis. Bersihkan komponen hidrolis setelah melakukan pekerjaan. Komponen hidrolis yang kotor akan menyebabkan kinerja hidrolis tak maksimal.

Wajib gunakan solar berkualitas. beberapa mesin diesel telah mengusung teknologi yang baru. Beberapa mesin truck akan mati dan tidak bisa dihidupkan jika kondisi solar tidak bagus dan kotor. Terdapat sensor solar pada mesin dump truck.

Jangan lupa mengecek baterai atau accu, kabel-kabel dan busi agar tidak mengganggu truk saat beroperasi, karena akan merugikan pengguna dan pengusaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.