Bus Trans Patriot Bekasi Akan Terapkan Pembayaran Non Tunai

Bus trans Patriot

Bus Trans Patriot yang diresmikan Pemkot Bekasi (foto : istimewa)

Bekasi, MobilKomersial.com – Setelah resmi menetapkan tarif bus Trans Patriot, Dinas Perhubungan (Dishub)Kota Bekasi akan menerapkan sistem pembayaran transaksi non tunai.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, ada empat bank milik Pemerintah yang akan mengakomodir sistem transaksi non tunai.

“Ada empat perbankan yang sedang kita jajaki untuk bekerja sama dalam mewujudkan transaksi non-tunai Transpatriot. Kami sedang ajak mereka berdiskusi dulu tentang rencana kerja sama ini,” tutur Yayan Yuliana, dikutip reviewbekasi.com, Senin (7/1/2019).

Dijelaskan Yayan, empat bank yang tersebut adalah PT Bank Mandiri tbk, PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten (BJB), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Kami belum bisa memastikan kapan akan diberlakukan sistem non tunai. Masih membahas kesepakatan kerja sama dengan ke empat bank tadi,” pungkasnya.

Lebih jauh Yayan menambahkan bahwa akan memberlakukan transaksi non tunai segera jika sudah ada nota kesepahaman (MoU), karena sebelum bus dioperasikan, pemerintah telah merancang sistem pembayaran secara non tunai, menggunakan kartu dan mesin tap yang diinstal di dalam Bus TransPatriot.

“Tempat alat tapnya sudah disiapkan di dekat sopir TransPatriot. Tapi nanti ke depan pola transaksi non tunai akan segera diterapkan, setelah muncul kesepakatan kerja sama dengan empat perbankan melalui nota kesepahaman (MoU),” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bekasi menetapkan tarif bus Transpatriot Rp4.000 per penumpang. Penetapan tarif berdasarkan surat keputusan (SK) Kadishub Nomor 551.2/kep/4764-dishub/XII/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Tarif Angkutan Umum Massal Bus Trans Patriot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.