Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2019

Suzuki Jimny Sierra (foto istimewa)

(Last Updated On: 4 January 2019)

Jakarta, MobilKomersial.com – Memasuki tahun 2019 yang baru tiga hari terlewati, pasar otomotif nasional ditaksir akan bergairah. Berbagai persiapan dan rencana telah disiapkan oleh para Agen Pemegang Merek (APM). Hal itu dimulai dari kabar yang beredar mengenai beberapa APM di Tanah Air yang berencana melakukan pembaruan (facelift) maupun meluncurkan produk baru.

Lantas, mobil apa saja yang akan hadir di Indonesia sepanjang 2019 ini? Dilihat dari sebagian APM pemegang pasar telah buka-bukaan untuk membeberkan informasi terkait kendaraan yang akan diluncurkan. Namun, sebagian APM lainnya lebih memilih ‘menutup diri’ dan merahasiakan model barunya sebelum waktu peluncuran tiba.

Melihat hal itu, telah banyak beredar informasi yang muncul di media, mobil-mobil yang akan hadir. Mulai dari sedan, city car, MPV (Multi Purpose Vehicle) sampai SUV (Sport Utility Vehicle).

Meski pihak APM belum secara langsung mengkonfirmasi, namun kabar produk terbaru di Indonesia tahun ini telah mencuat. Nah, berikut ini beberapa mobil yang diprediksi akan hadir di tahun ini.

Toyota Avanza

Ini salah satu produk yang paling ditunggu-tunggu kabarnya yaitu Toyota Avanza. Desas-desus yang santer beredar menyebut, Toyota akan meluncurkan mobil MPV ini di awal 2019. Namun hingga kini, PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri masih merahasiakan hal ini dan belum ada pernyataan resmi terkait peluncurannya.

Akan tetapi beberapa bocoran beredar di dunia maya, mobil sejuta umat ini akan menawarkan sederet pembaruan seperti start stop button, HSA, VSC, AC Digital, lampu LED dan antena shark fin. Tawaran ini bisa menjadi modal untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero S.belum mendapat konfirmasi, ataupun pernyataan resmi terkait peluncuran Avanza terbaru.

 

Toyota Avanza 2019 (foto istimewa)
Toyota Avanza 2019 (foto istimewa)

Daihatsu Xenia

Seperti halnya Toyota yang menghadirkan Avanza baru, hal yang sama juga akan dilakukan saudaranya yakni Daihatsu Xenia. Hal ini dimungkinkan mengingat kedua mobil ini memiliki basis yang sama. Sama seperti Avanza, Daihatsu Xenia juga akan mendapat tampilan eksterior baru.

Tidak hanya itu, kabarnya Low MPV ini juga akan mendapat varian baru yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter. Ini untuk melengkapi jajaran sebelumnya yang memiliki mesin 1.0 liter dan 1.3 liter.

Peluncuran Daihatsu Xenia anyar kabarnya juga akan dilakukan pada awal tahun ini. Namun pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang merakit kedua mobil ini juga belum bersedia untuk memberikan keterangan mengenai kabar ini.

Daihatsu Xenia (foto istimewa)

New Mitsubishi Triton

Sukses dengan small MPV Xpander, Mitsubishi Motors kembali akan menghadirkan model baru di tahun 2019. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dipastikan akan menghadirkan generasi terbaru pikap Mitsubishi Triton yang diperkenalkan secara global di Thailand, November 2018 lalu.

Pikap dengan mesin 2.5L ini diharapkan bisa memperkuat dominasi Mitsubishi di pasar pikap 4×4 Tanah Air. Selain Triton, Mitsubishi memang tengah menggeber passenger car mereka. Dua nama lain yang dikabarkan juga hadir adalah Pajero Sport versi facelift dan Eclipse Cross yang hadir dengan model terbarunya tahun depan.

Gambaran New TRITON/L200 Yang Akan Mulai Debutnya Di Dunia
Gambaran New TRITON/L200 Yang Akan Mulai Debutnya Di Dunia

Wuling Almaz

Wuling Motors, pabrikan mobil asal Cina ini, tahun 2018 lalu fokus memasarkan produk MPV di Indonesia. Sepanjang tahun lalu, Wuling mampu bersaing di antara pabrikan-pabrikan asal Jepang. Namun, rencananya 2019 Wuling akan menghadirkan SUV (Sport Utility Vehicle) pada semester pertama tahun ini. Hal itu sebenarnya sudah dibocorkan saat Wuling menampilkan Baojun 530 pada GIIAS 2018 Agustus lalu. Model ini disebut-sebut sebagai basis SUV yang akan dipasarkan di Indonesia.

Info lain yang beredar menyebut, situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor Wuling. Ada beberapa model yang tercatat, salah satunya adalah Almaz 1.5 LTLUXCVT4x2A. Artinya, SUV ini menggunakan mesin 1.5L Turbo dan transmisi CVT.

Bahkan di situ tertulis jika SUV itu dibanderol Rp 203 juta. Namun hingga kini pihak Wuling belum memberikan informasi pasti soal hal ini. Untuk spesifikasinya, SUV Wuling akan menggendong mesin berkapasitas 1.5 liter yang dilengkapi dengan turbocharged.

SUV Wuling (foto istimewa)

Suzuki Jimny 2019

Mobil yang menjadi bintang di GIIAS 2018 lalu adalah Suzuki Jimny. Pada generasi keempat ini, Jimny telah berganti wujud dengan desain lebih gagah dan tangguh layaknya SUV sejati pada eksteriornya. Performa pun ikut meningkat dengan datangnya sejumlah fitur baru untuk mendukung ketangguhannya sebagai mobil 4×4.

Di Jepang, Suzuki menyediakan dua opsi mesin untuk Jimny yakni empat silinder 1.500cc K15B dan tiga silinder 660cc turbo, sementara pilihan transmisinya adalah manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk di Indonesia, besar kemungkinan akan dipilih mesin 1.500cc.

Suzuki Jimny Sierra (foto istimewa)

Nissan MPV

Tak mau kalah dengan pabrikan lain, kabarnya Nissan bersama Mitsubishi yang merupakan satu aliansi di negeri asalnya, Jepang akan menghadirkan kembaran Xpander dengan menggunakan label Nissan.

Meski belum banyak terungkap, namun sepertinya hadirnya Small MPV kembaran Xpander ini menjadi angin segar bagi Nissan. Nissan melihat kesuksesan yang diraih Xpander di pasar otomotif tanah air. Diharapkan, produk Nissan yang akan hadir ini bisa mendongkrak penjualan Nissan terutama segmen MPV.

Nissan Grand Livina (foto istimewa)
Nissan Grand Livina (foto istimewa)

Honda Mobilio

Tidak mau kalah dengan Toyota dan Daihatsu, Honda juga disebut-sebut tengah mempersiapkan mobil terbarunya salah satunya Honda Mobilio. Beberapa pembaruan kabarnya tengah dipertimbangkan Honda pada Mobilio terbaru. Sementara untuk waktu peluncurannya, diprediksi pada pertengahan tahun ini.

Langkah-langkah ini merupakan strategi yang dilakukan para APM untuk menggaet calon konsumen. Model anyar dengan tampilan yang lebih segar, maupun produk yang benar-benar baru menjadi harapan bagi mereka. Patut ditunggu kepastiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.