Macam-macam Bus Double Decker di Indonesia

MobilKomersial.com – Bus bertingkat atau yang sering di sebut Double Decker kini sudah menjadi tren di Indonesia. Berbagai karoseri memiliki ciri khas dalam bentuk bus tingkat yang mereka produksi. Kali ini MobilKomersial.com akan menginformasikan 5 bus double decker dari karoseri yang berbeda di Indonesia.

  1. Jetbus 2+ Super Double Decker
Dua unit bus double decker PO Agra Mas Kredit foto: Hisyam N/GMM
Dua unit bus double decker PO Agra Mas
Kredit foto: Hisyam N/GMM

Tren bus DD untuk rute jarak jauh diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Adiputro dengan produk berlantai dua di acara GIIAS 2015.

Perusahaan asal Malang, Jawa Timur, menghadirkan bus tingkat tinggi dengan model SDD 2+ Jetbus, yang memiliki kapasitas 74 kursi. Model ini juga merupakan proyek bus super dua lantai pertama dari pabrik Adiputro. Ini dipasang pada sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542, sepenuhnya dikendalikan oleh komputer.

Lantai bawah bus dilengkapi dengan layar hiburan individual, seperti yang dapat Anda temukan di maskapai penerbangan eksekutif di dunia. Di sisi lain, lantai pertama memiliki kursi eksekutif dalam distribusi 2-2, dipisahkan oleh koridor yang luas. Lantai bawah dan penutup lantai atas dihubungkan oleh tangga dengan desain setengah lingkaran.

  1. Legacy SR2 Double Decker
Laksana Rilis Bus Legacy SR2 Double Decker di GIIAS 2018, Asli Karya Anak Bangsa
Laksana Rilis Bus Legacy SR2 Double Decker di GIIAS 2018, Asli Karya Anak Bangsa

Dalam acara GIIAS 2018, produk terbaru Laksana, Legacy SR2 Double Decker, secara resmi diluncurkan. Bus bertingkat ini hadir dengan sasis Premium Scania K410iB dari Swedia, dilengkapi dengan transmisi otomatis.

Legacy SR2 Double Decker memiliki banyak keunggulan dibandingkan produk lain di kelasnya. Ini termasuk desain interior dan eksterior yang menawan dan mencolok, yang mencakup detail chrome yang elegan di bagian depan, serta ornamen dalam bentuk huruf L yang berasal dari bentuk logo Laksana. Detail lainnya ditekankan dengan lampu LED biru.

Secara tampilan, permukaan depan SR2 Double Decker memiliki lampu depan dengan proyektor LED dan lampu daytime running light. Selain itu, dilengkapi dengan teknologi terbaru dalam pengembangan struktural, yaitu, frame menggunakan bahan komposit ringan dan telah dihitung secara profesional, sehingga pusat gravitasi kendaraan membuat bus lebih stabil.

  1. Jetliner Double Deck

Karoseri Rahayu Santosa Bogor berhasil menghasilkan bus mewah yang disebut Jetliner Double Deck, yang diluncurkan pada akhir 2016.

Varian pertama dari PT Rahayu Santosa dikembangkan dalam sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542, mencapai dimensi panjang 13500  mm, tinggi 4150 mm, dan lebar 2500 mm.

Dibangun dengan konsep yang lebih modern, bus bertingkat ini dilengkapi dengan perangkat hiburan, juga unit TV LCD, (1 unit di lantai dasar dan 2 unit di lantai atas). Kursi lantai pertama dilengkapi dengan leg rest sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

Bus 2 lantai ini memiliki kapasitas 59 kursi, setara dengan bus antar kota antara provinsi kelas eksekutif yang mencakup jarak yang relatif pendek. Di sisi kanan dan kiri kaca depan dilengkapi dengan palang pelindung untuk mengurangi dampak pada kaca atas ketika terkena pohon selama perjalanan.

  1. Highlander Double Decker

 

Karoseri New Armada meluncurkan bus bertingkat antar kota pertamanya pada Agustus 2018. Model ini menjadi model jalan pertama yang digunakan di pulau Sulawesi dan melayani trayek AKDP Makassar-Tana Toraja.

Highlander DD menggunakan sasis Mercedes Benz RSD2542. Bus juga dilengkapi dengan lampu LED pada lampu utama dan lampu belakang, yang memiliki desain khusus yang dikembangkan bersama dengan desain bodi. Pada bagian belakang bus, terdapat gambar burung endemik khas pulau Sulawesi.

Highlander New Armada telah mengadopsi konsep kaca ganda di zona frontal, untuk memungkinkan bahwa peringatan rute tidak mengganggu baik visual pengemudi, maupun penumpang.

Lantai bawah menggunakan kursi super eksekutif dengan konfigurasi 2-1, dilengkapi dengan hiburan audio dan video berkat layar LCD. Atap area ini dirancang dengan teknik pencahayaan yang menggunakan LED dan bahan kayu imitasi. Di sisi lain, lantai dua memiliki kursi eksekutif yang tersedia 2-2.

  1. Qonqueror Double Decker

Karoseri Nusantara Gemilang meluncurkan bus tingkat baru. Model ini adalah kendaraan mewah yang diproduksi oleh Karoseri Nusantara Gemilang di bawah naungan PO Nusantara, dan telah melayani banyak rute bus malam dan pariwisata.

Bus baru menggunakan sasis dari seri R37 MAN yang diproduksi di Eropa dan yang masuk untuk pertama kalinya di Indonesia dengan konfigurasi tiga sumbu. Platform ini sangat fleksibel untuk membuat bus dua lantai.

Seperti halnya Bus Premium, yang awalnya diperkenalkan oleh Nusantara Gemilang, bus tingkat dua yang dimiliki oleh PO Nusantara juga diproduksi menggunakan komponen aluminium untuk hampir semua bahan bodinya. Ini untuk mengurangi bobot set struktural, jika dibandingkan dengan kerangka baja tradisional. Selain itu, menggunakan Alumunium meningkatkan masa manfaatnya yang tahan terhadap korosi dibanding baja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.