Pemkot Lampung Belum Bisa Operasikan Bus Bantuan Kemenhub, Ini Alasannya

PT SP2J menerima bantuan bus Trans Musi untuk koneksi angkutan LRT Palembang (foto Sripoku.com)

PT SP2J menerima bantuan bus Trans Musi untuk koneksi angkutan LRT Palembang (foto Sripoku.com)

Bandar Lampung, MobilKomersial.com – Bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung hingga saat ini masih belum dapat dioperasikan. Sebanyak 10 unit bus tersebut masih menunggu pihak Kemenhub untuk operasionalnya.

Menurut Kepala Dishub Bandar Lampung Ahmad Husna, 10 bus itu saat ini masih belum dapat dioperasikan sebagai angkutan umum, sebab Dinas setempat masih menunggu Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) dari Kementerian Perhubungan.

“Kita masih tunggu BASTO, setelah itu dikeluarkan oleh Kementerian baru dapat kita gunakan untuk mengangkut penumpang dengan trayek yang sebelumnya telah direncanakan oleh Wali Kota,” ujar Husna, dikutip Lampost.co, Jumat (4/1).

Diterangkan lebih jauh, saat ini dari pihak Kementerian hanya baru sebatas menyerahkan bus tersebut secara fisik. Selanjutnya, jika BASTO sudah dikeluarkan Kementerian, pihak Dishub Lampung masih harus berkoordinasi lagi dengan Polda untuk trayek yang nantinya akan dilalui oleh bus itu.

Kemudian terkait persyaratan untuk memenuhi dan mendapatkan izin operasional tersebut, Dishub setempat telah menyerahkan persyaratan itu tadi yang ditandatangani oleh Wali Kota ke Kementerian pada awal Desember lalu.

Pihaknya sampai dengan saat ini masih menunggu izin operasional yang dikeluarkan itu, sebab menurutnya permohonan izin seperti ini tidak hanya bagi Bandar Lampung, melainkan daerah dan kota lainnya mengikuti prosedur serupa.

Husna menambahkan, 10 bus tersebut saat ini dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan operasional kemasyarakatan. “Ya seperti kemarin bus-bus tersebut di pinjam oleh TNI AL untuk mengangkut pengungsi Pulau Sebesi ke pengungsian Tenis Indoor Kalianda serta digunakan untuk kegiatan lain,” jelas Husna.

Selanjutnya, jika warga Bandar Lampung yang membutuhkan dan sesuai prosedur mendapatkan ijin dari Wali Kota tentu akan diberi pinjaman bus. “Tapi sampai saat ini masih antar institusi pemerintahan yang meminjam,” tutupnya.

 

Sumber : Lampost.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.