Pertamina: Konsumsi BBM saat Arus Balik Nataru Capai 88 Persen

Pertamina: Konsumsi BBM saat Arus Balik Nataru Capai 88 Persen

Pertamina: Konsumsi BBM saat Arus Balik Nataru Capai 88 Persen

Jakarta, Mobilkomersial.com – Liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 telah usai. Minggu (6/1) kemarin merupakan hari terakhir masa libur, dimana hari ini (Senin, 7/1) aktivitas masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya kembali normal.

Pertamina Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat telah menyiagakan tim Satuan Tugas Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Satgas Nataru) yang bertugas sejak 18 Desember 2018 sampai dengan 8 Januari 2019, untuk mendukung kelancaran distribusi BBM bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat ke luar kota baik melalui jalur tol maupun non tol.

Berdasarkan data Satgas Nataru Pertamina, lonjakan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu 6 Januari 2019. Pertamina memprediksi permintaan terhadap BBM unggulan seperti Pertamax Series mengalami peningkatan untuk mendukung kehandalan mesin dalam menempuh perjalanan jauh.

Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, pada Jalur Trans Jawa ruas Cirebon-Cikampek terdapat 4 Rest Area yang memiliki fasilitas SPBU. Yakni, Cipali KM 229, KM 208 B, kemudian di KM 164 B dan ruas 101 B.

Di ruas Bandung – Cikampek juga disiagakan 5 SPBU, yakni di KM 143 B, KM 125 B, KM 97B, KM 88B dan KM 72 B.

Baca juga : Wamen ESDM Apresiasi Upaya Pertamina Pasok BBM Selama Natal dan Tahun Baru

Sementara di Ruas Cikampek hingga Halim, disiagakan SPBU rest area KM 62B, SPBU Rest Area KM 42B dan SPBU Rest Area 6B. Dimana diantara ke-3 SPBU tersebut terdapat 5 KiosK di KM 71B, KM 58B, KM 52B, KM 34 B , dan KM 32 B. Pertamina juga menyiagakan Mobile Storage di titik-titik rawan macet.

“Kondisi lalu lintas menuju Jakarta (arus balik) sejak sore hingga malam ini menunjukkan kepadatan dimana layanan KiosK juga mengalami peningkatan, karena masyarakat memanfaatkan layanan ini sebagai antisipasi awal agar tidak kehabisan BBM di jalan,” jelasnya.

Dewi menambahkan, pihaknya juga melakukan optimalisasi dengan mengaktifkan dua Kantong BBM di Cipali KM 101 dan Cikampek KM 62 yang berisikan BBM jenis Pertalite dan Pertamax. Kantong BBM merupakan langkah proaktif perusahaan apabila terjadi peningkatan konsumsi BBM.

Pemakaian BBM

Hingga 5 Januari 2019, realisasi penyaluran BBM jenis Gasoline yakni Premium, Pertalite,Pertamax dan Pertamax Turbo telah mencapai 88% atau sekitar 525 Kilo Liter (KL) dari total perkiraan penyaluran masa Satgas Nataru.

Sementara untuk BBM jenis Gasoil yakni Solar, Dexlite dan Pertamina Dex, penyaluran hingga tanggal 5 Januari 2019 mencapai 82% atau sekitar 173 KL.

Peningkatan terbesar terjadi pada konsumsi Pertalite dan Pertamina Dex dibandingkan konsumsi normal rata-harian. Dimana konsumsi Pertalite meningkat 6% sementara Pertamina Dex meningkat 2%.

“Sesuai proyeksi kami, arus balik akan terus meningkat mulai tanggal 5 hingga hari ini tanggal 6 Januari 2019. Dimana, masih terlihat pergerakan pemudik yang menuju ke Jakarta ataupun masyarakat yang masih melakukan perjalanan wisata di daerah Jawa Bagian Barat,” kata Dewi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.