Perusahaan Asal Swedia Lakukan Penelitian Resiko Kebakaran Pada Kendaraan Listrik dan Hybrid

Swedia, MobilKomersial.com – Dafo Vehicle Fire Protection berkontribusi pada proyek penelitian yang didanai oleh lembaga inovasi Swedia Vinnova – Riset dan inovasi kendaraan strategis (FFI), di mana risiko yang ditimbulkan oleh baterai kendaraan lithium-ion akan ditangani dan diselidiki. RISE Research Institutes of Sweden memulai proyek ini dengan fokus pada bagaimana risiko kebakaran yang ditimbulkan oleh baterai lithium-ion dalam kendaraan harus dikelola.

Semakin banyak kendaraan listrik dan hibrida saat ini. Pengetahuan tentang risiko yang terkait dengan kendaraan ini dengan pembawa energi baru sangat terbatas. Kebakaran kendaraan seringkali terjadi. Untuk bus dengan mesin pembakaran peraturan baru akan diberlakukan tahun depan dan seterusnya.

Sudah merupakan keharusan untuk menginstal sistem pemadaman kebakaran pada jenis kendaraan baru single-deck, double-deck, rigid or articulated vehicles kategori M2 atau M3 dan khususnya kendaraan yang memiliki kapasitas melebihi 22 penumpang. Untuk kendaraan Kelas III akan berlaku pada 11 Juli 2019. Pada 1 September 2021, itu juga akan berlaku untuk semua kendaraan Kelas I dan Kelas II baru.

Dalam proyek penelitian “listrik” ini juga berpartisipasi RISE, Scania, Asosiasi Swedia untuk Bengkel Kendaraan (SFVF), NEVS dan Fogmaker.

“Kami akan memetakan risiko kebakaran yang terkait dengan baterai lithium-ion dan mengurangi konsekuensi kebakaran pada kendaraan listrik dan hybrid,” kata Johan Balstad, Manajer Area Bisnis, Dafo Proteksi Kebakaran Kendaraan AB.

“Risiko kebakaran terkait ruang baterai, termasuk risiko spesifik saat pengisian dan prosedur penanganan kendaraan listrik dan baterai setelah kecelakaan, dengan mempertimbangkan risiko kebakaran pada tahap selanjutnya, akan dipelajari. Pekerjaan ini akan mengarah pada solusi keamanan masa depan, termasuk desain sistem dan penempatan baterai. Fokus kami dari proyek ini adalah untuk menyelidiki sejauh mana sistem pencegah kebakaran tetap / terintegrasi, yang banyak digunakan untuk melindungi kompartemen mesin pada kendaraan berat, dapat diterapkan pada kendaraan yang ditenagai oleh baterai li-ion, serta bagaimana sistemnya harus dirancang. Kami berharap akan ada kemungkinan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengurangi risiko kebakaran – sebagai contoh, 94% dari semua bus angkutan umum di Swedia sudah memiliki sistem penanggulangan kebakaran yang sudah terpasang. ” tutup Johan.

Sumber : Busworld

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.