Timur Tengah Miliki Layanan Bus Listrik Pertama

(Last Updated On: 11 January 2019)

Abu Dabhi, MobilKomersial.com — Perusahaan Energi Masa Depan Abu Dhabi, telah secara resmi meluncurkan bus penumpang listrik sepenuhnya pertama di wilayah ini dalam kemitraan dengan Departemen Transportasi di Abu Dhabi (DoT), produsen bus yang berbasis di Abu Dhabi, Hafilat Industry LLC, dan perusahaan teknologi terkemuka Siemens.

Bus listrik baru akan melayani rute enam halte antara Marina Mall, Stasiun Bus Pusat Abu Dhabi dan Kota Masdar, komunitas perkotaan berkelanjutan utama Abu Dhabi. Untuk perdana, layanan bus listrik ini akan gratis hingga akhir Maret 2019.

Dilansir Busworld, Eco-Bus telah dirancang untuk tahan terhadap panas dan kelembaban iklim Uni Emirat Arab (UEA), ini adalah tantangan kinerja utama untuk kendaraan listrik.

Dikembangkan bersama oleh Masdar , Hafilat Industry LLCdari Abu Dhabi dan Siemens Middle East, bus ini dapat menampung 30 penumpang dan memiliki jangkauan 150 kilometer per pengisian baterai.

Panel surya juga digunakan untuk memberi daya pada sistem bantu Eco-Bus. DoT Abu Dhabi sangat terlibat dalam fase uji coba Eco-Bus, yang melakukan tes ekstensif terhadap kinerja teknis kendaraan serta pengalaman pengguna.

Siemens menyediakan sistem traksi Eco-Bus, yang mencakup motor PEM tanpa roda gigi, sementara Hafilat merancang dan membangun bus. Bus berbasis bodi aluminium yang ringan dan sistem pendingin air yang unik untuk mengoptimalkan masa pakai baterai dan efisiensi, bahkan ketika suhu luar ruangan berada pada titik tertinggi.

Kendaraan ini juga memiliki sistem pendingin udara on-board yang sangat hemat energi. Eco-Bus akan diintegrasikan dengan mulus ke armada DoT yang ada. “Peluncuran Eco-Bus adalah tonggak sejarah bagi UEA dalam beberapa cara,” kata Yousef Baselaib, Direktur Eksekutif untuk Real Estat Berkelanjutan di Masdar.

“Masdar City telah menjadi inkubator teknologi mobilitas berkelanjutan, termasuk sistem Personal Rapid Transport dan kendaraan antar-jemput Navya Autonom.” Tambahnya.

Masdar adalah perusahaan energi terbarukan Abu Dhabi dan dimiliki sepenuhnya oleh Mubadala Investment Company, perusahaan investasi strategis Pemerintah Abu Dhabi. Masdar City di Abu Dhabi terdiri dari cluster teknologi bersih yang berkembang pesat, zona bebas bisnis dan lingkungan perumahan dengan restoran, toko, dan ruang hijau publik. Abu Dhabi melihat Masdar City adalah model yang berfungsi untuk kota-kota di seluruh dunia berdasarkan tiga pilar keberlanjutan lingkungan, ekonomi dan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.