MobilKomersial.com -- "Obat ngantuk paling mujarab adalah tidur. Bukan kopi, bukan pula ngemil. Makanya, ketika ngantuk sudah datang, itu tandanya badan harus diistirahatkan. Jangan dilawan atau dipaksakan. Bisa berdampak celaka di jalan," jelas dokter Farid, yang buka praktek di Malang, Jawa Timur. 

Menurut dokter lulusan Unversitas Brawijaya ini,  ngantuk adalah tanda-tanda alamiah dari tubuh. Sebagai alarm atau peringatan bahwa badan butuh recovery. Makanya, langkah paling bijak adalah menepikan mobil di rest area, atau tempat istirahat.

baca juga : Asyik, Tarif Tol Diskon 15 Persen. Jakarta - Surabaya Jadi Rp 574 ribuan

Istirahat di Rest Area pun ada etikanya. Biar aman dan nyaman. Badan pun kembali bugar.  Bagaimana caranya? Lakukan 3 hal berikut: 

 

1. Matikan Mesin Kendaraan

Mobil wajib dimatikan. Karena ketika kita istirahat, mobil pun juga bisa 'isitrahat'.  Mesin mobil menjadi dingin. Tekanan ban yang sempat memuai akibat perjalalan panjang pun akan kembali normal. 

2. Parkir Aman

Saat meninggalkan kendaraan, pastikan kendaraan Anda terkunci dengan tepat dan benar. Tambahkan kunci ganda untuk menjaga kendaraan Anda. Jika ingin lebih aman, pastikan mobil selalu ada dalam jarak pandangan yang aman.

Saat di rest area juga jangan tinggalkan barang-barang berharga Anda. Ada baiknya Anda membawa barang-barang tersebut atau menaruhnya di tempat yang sangat aman. Jangan tinggalkan barang-barang tersebut di dalam mobil tanpa pengamanan.

Baca juga: Jangan Mudik Kalau Perlengkapan Standar ini Tidak Ada di Mobil Anda

3. Jangan Tidur di Dalam Mobil dengan Mesin Hidup

Jangan tidur di dalam mobil, apalagi dalam keadaan mesin dan AC menyala. Hal ini bisa membuat nyawa Anda melayang. Sudah banyak kasus orang meninggal di dalam mobil ketika sedang tidur.

Belum lama ini terjadi kasus serupa di Riau (4/5/2019). Tiga korban dari satu keluarga ditemukan tidak sadarkan diri di dalam mobil. Dari ketiganya 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Saat ditemukan, kondisi mesin mobil dalam kondisi hidup. Korban diduga mengalami keracunan dari emisi gas pembuangan mobil. Dari kasus ini, sebaiknya beristirahatlah di luar kendaraan agar bisa mudik sampai kampung halaman. 

Kalaupun terpaksa harus tidur di dalam mobil, mesin mobil harus dimatikan. Bukalah kaca mobil biar tidak pengap. Gunakan lotion antinyamuk untuk menghalau gigitan nyamuk. Jika kondisi siang hari, paling  nyaman tidur di luar berbekal tikar dan bantal yang biasa dibawa saat perjalanan mudik. 

 

Share :

Sebelum Rusak Parah, Perhatikan Kiat Merawat Mobil Pikap

Para pemilik pikap harus selalu perhatikan dari hal-hal yang dianggap kecil, tetapi akan berdampak fatal jika diabaikan.

Read More
Mau Road Trip Naik Mobil? Lakukan Cara Ini Bisa Menghemat BBM

Ini sebagai langkah mengedukasi pengemudi mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan kadar emisi untuk kendaraan yang telah beredar.

Read More
Lima Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Dalam Bus

Sebelum Anda menggunakan bus, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama saat naik bus.

Read More