Timing Belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 Km, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik merekomendasi pemakaian lebih lama.

Air Filter (Saringan Udara)

Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

Aki (Accu)

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni, jangan menambah dengan air zuur (H2S04). Sebaiknya baca artikel tentang Perawatan Aki Mobil.

Baca juga : Jangan Mudik Kalau Perlengkapan Standar ini Tidak Ada di Mobil Anda

Rem

Periksa level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Lampu 

Cek seluruh lampu. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, segera di ganti dengan yang baru.

Share :

Ingat! Jangan Tinggalkan Barang Ini Saat Mobil Terparkir Lama

Jika mobil dalam kondisi hanya parkir di garasi rumah apalagi dalam waktu yang cukup lama sebaiknya periksa lagi apakah ada barang-barang ini yang disimpan di kabin mobil.

Read More
Mobil Diam di Garasi, Ini Cara Merawat Aki Biar Tetap Optimal

Ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang harus diperhatikan terutama soal perawatan aki.

Read More
Tips Mudah Memeriksa Kondisi Kesehatan Mobil di Masa PSBB

Untuk menjaga mobil tetap prima, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips seputar cara memeriksa kesehatan mobil di masa PSBB

Read More