MobilKomersial.com – Mudik menggunakan mobil masih manjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.  Namun mengemudi jarak jauh merupakan kegiatan yang melelahkan. Pengemudi harus menjaga konsentrasi selama berjam-jam. Jadi perlu Istirahat. Hal ini untuk mengembalikan stamina, konsentrai dan daya reflek saat mengemudi.

Menurut Rifat Sungkar, Pendiri Rifat Drive Labs, ketika berkendara tanpa berhenti alias tidak dalam kondisi macet, maksimal hanya tiga jam, setelah itu disarankan untuk beristirahat.

Lakukan istirahat 15 menit setelah berkendara selama 3 jam untuk sekadar mengisi ulang tenaga dan menarik napas. “Kita bukan robot dan itu adalah body hour kita. Jangan pernah memaksa dan ngotot. Istirahat itu alamiah. Lebih baik sabar sedikit daripada membahayakan diri sendiri atau orang-orang di sekitar.”

“Saya imbau agar Anda tidak terburu-buru, tidak tergesa-gesa saat melakukan mudik. Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan dengan baik, yaitu preparation, reaction, dan anticipation,” ungkap Rifat.

Sebenarnya, istirahat bukan hanya untuk tubuh saja, namun juga untuk mesin dan juga ban kendaraan. Jika ban mobil dipaksa terus berjalan berjam-jam, ada kemungkinan dalam kecepatan tinggi akan terjadi ban pecah. Dan ini sangat berbahaya. Lebih baik dinginkan dulu ban dan mesin, sambil memulihkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan menuju kampung halaman.

Jangan berpikiran untuk cepat sampai tujuan, jangan tergesa-gesa, yang penting bisa sampai tujuan dengan selamat.

Share :

Sebelum Rusak Parah, Perhatikan Kiat Merawat Mobil Pikap

Para pemilik pikap harus selalu perhatikan dari hal-hal yang dianggap kecil, tetapi akan berdampak fatal jika diabaikan.

Read More
Mau Road Trip Naik Mobil? Lakukan Cara Ini Bisa Menghemat BBM

Ini sebagai langkah mengedukasi pengemudi mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan kadar emisi untuk kendaraan yang telah beredar.

Read More
Lima Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Dalam Bus

Sebelum Anda menggunakan bus, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama saat naik bus.

Read More