MobilKomersial.com – Pada masa mudik Lebaran 2019 para sopir bus mengalami peningkatan penghasilan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, beliau memaparkan rasa senang para sopir bus pada mudik Lebaran tahun ini. Menurutnya, mereka mengaku pendapatannya naik pada mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Budi mengatakan sejak H-7 Lebaran hingga hari kedua Lebaran, pengemudi bisa mengantongi Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per hari. Jika ditotal selama delapan hari arus mudik, mereka menghasilkan sekitar Rp1,6 juta.

Padahal UMR Jakarta saat ini Rp3,9 juta, yang jika dibagi per pekan Rp975 ribu, lebih kecil dari pendapatan sopir bus sepekan saat arus mudik.

“Setiap perjalanan para sopir mendapatkan penghasilan hingga Rp 250 ribu per perjalanan. Jadi mereka dapat di atas UMR. Dan mereka mengatakan Alhamdulillah. Saya bersyukur sopir-sopir ini mensyukuri apa yang mereka dapatkan," ujarnya saat usai meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (6/6/2019).

Budi Karya Sumadi juga menjuluki sopir bus sebagai pahlawan transportasi.

Karena, alasan Menhub, di saat masyarakat bersuka ria menyambut Lebaran, para sopir tetap menjalankan tugasnya mengantarkan masyarakat ke kampung halaman.

"Memang haru Lebaran ini bagi pengemudi, pahlawan transportasi. Kenapa, di tengah kita bersenang-senang mereka mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem besar," tutup Budi Karya Sumadi.

Share :

Penyekatan Perbatasan Menuju Jabodetabek Bakal Diperketat

sai libur Idul Fitri, polisi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan memperketat penyekatan di sekitar perbatasan menuju Jabodetabek, untuk mencegah arus balik lebaran

Read More
70 Ribu Lebih Kendaraan Pemudik di Jawa Barat Diputar Balikkan Selama PSBB

Selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sekitar 72.000 lebih kendaraan diputar balikkan Polda Jabar.

Read More
Vakum 12 Tahun, Festival Volkswagen 8 Akan Kembali Digelar Secara Virtual

Festival Volkswagen kali ini, secara konsep tidak akan berbeda seperti biasanya dengan rangkaian acara.

Read More