MobilKomersial.com – Bus Sumatera bukan sebatas ALS, ANS dan NPM saja. Masih banyak PO besar yang sudah lama menjadi moda transportasi masyarakat Sumatera. Salah satunya PO Gumarang Jaya yang sudah eksis dari tahun 1993.

Gumarang jaya adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Lampung. Pada masa jayanya, PO Gumarang Jaya bersama PO Lampung Jaya yang masih dalam satu manajemen merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar di Sumatera dan terbesar di Lampung yang masih beroperasi hingga kini.

Nama Gumarang sendiri berasal dari nama seekor kuda dalam cerita Cindua Mato, sebuah legenda dari Minangkabau.

Pada puncak masa keemasannya, PO Gumarang Jaya melayani jaringan trayek dari pulau Sumatera ke berbagai jurusan di pulau Jawa. Rentang trayek Gumarang Jaya terbentang mulai dari Padang, Bukittinggi, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera hingga Jakarta, Pati dan Solo di pulau Jawa.

Pada masa jaya angkutan penumpang bus jarak jauh dari akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an, beberapa perusahaan otobus di Sumatera berkembang menjadi besar. Di antara ratusan perusahaan otobus tersebut, PO Gumarang Jaya (Lampung) bersama Fa. PMTOH (Aceh), PO ALS (Sumatera Utara), serta PO ANS dan PO NPM (Sumatera Barat), mendominasi jalan raya lintas Sumatera baik lintas tengah maupun lintas timur.

Perusahaan Otobus yang berkantor pusat di Tanjung Karang, Lampung ini pada tahun 2015 mendapatkan Penghargaan Lifetime Achievement di bidang angkutan jalan dari Kementrian Perhubungan.

Untuk harga tiket yang ditawarakan dengan rute Jakarta – Padang berkisar Rp 350.000.

Share :

Karoseri Berlogo Mirip Ferrari Ini Pernah Jadi Pesaing Berat Morodadi Prima

PT. KARYA TUGAS ANDA atau lebih di kenal dengan nama TUGASANDA bersaing sengit dengan karoseri- karoseri besar lain di Jawa Timur seperti Morodadi Prima dan Malindo

Read More
PO Tjipto, Pernah Berjaya Karena Kenyamanannya

Salah satu PO asal Jawa Timur, Tjipto merupakan bus yang berjaya pada masanya. Dulu, PO yang busnya berciri warna putih atau abu abu dengan stripping biru ini bersliweran di jalan.

Read More
Sumber Alam, PO Kebanggaan Warga Purworejo

Sumber alam memang sudah sejak lama eksis dan mendominasi jalanan di Pulau Jawa, khususnya trayek Jakarta – Yogyakarta melalui jalur selatan.

Read More