MobilKomersial.com – Bus Sumatera bukan sebatas ALS, ANS dan NPM saja. Masih banyak PO besar yang sudah lama menjadi moda transportasi masyarakat Sumatera. Salah satunya PO Gumarang Jaya yang sudah eksis dari tahun 1993.

Gumarang jaya adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Lampung. Pada masa jayanya, PO Gumarang Jaya bersama PO Lampung Jaya yang masih dalam satu manajemen merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar di Sumatera dan terbesar di Lampung yang masih beroperasi hingga kini.

Nama Gumarang sendiri berasal dari nama seekor kuda dalam cerita Cindua Mato, sebuah legenda dari Minangkabau.

Pada puncak masa keemasannya, PO Gumarang Jaya melayani jaringan trayek dari pulau Sumatera ke berbagai jurusan di pulau Jawa. Rentang trayek Gumarang Jaya terbentang mulai dari Padang, Bukittinggi, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera hingga Jakarta, Pati dan Solo di pulau Jawa.

Pada masa jaya angkutan penumpang bus jarak jauh dari akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an, beberapa perusahaan otobus di Sumatera berkembang menjadi besar. Di antara ratusan perusahaan otobus tersebut, PO Gumarang Jaya (Lampung) bersama Fa. PMTOH (Aceh), PO ALS (Sumatera Utara), serta PO ANS dan PO NPM (Sumatera Barat), mendominasi jalan raya lintas Sumatera baik lintas tengah maupun lintas timur.

Perusahaan Otobus yang berkantor pusat di Tanjung Karang, Lampung ini pada tahun 2015 mendapatkan Penghargaan Lifetime Achievement di bidang angkutan jalan dari Kementrian Perhubungan.

Untuk harga tiket yang ditawarakan dengan rute Jakarta – Padang berkisar Rp 350.000.

Share :

Dian Andyasuri Dipercaya Pimpin Shell Indonesia

Dian mengawali karirnya di Shell pada tahun 2008 sebagai General Manager Keuangan untuk bisnis Ritel, sebelum pindah ke Singapura dan bergabung dengan grup Shell Global Downstream Strategy and Consultancy

Read More
Mengenal Aliko Dangote, Pemborong Mobil Pak Tani AMMDes

Pengusaha kaya asal Nigeria bernama Aliko Dangote baru saja melakukan pembelian 10 ribu unit AMMDes dengan nilai kontrak mencapai Rp 700 miliar hingga Rp 1,4 triliun.

Read More
Sejarah Berdirinya FORCI, Dari 14 Founder Hingga Kini Sudah Ratusan Member

Komunitas FORCI dikenal dari para pendirinya yang sangat kental dengan persahabatan layaknya keluarga. Mereka membangun kesuksesan bersama-sama hingga nama FORCI tetap harum.

Read More