Jakarta, MobilKomersial.com - Usai dipakai mudik lebaran, mobil biasanya menjadi kotor, khususnya di dalam kabin mobil. Setelah perjalanan jauh, kabin mobil rentan terkena kotoran pada umumnya adalah jok mobil.

Jika Anda menggunakan jok mobil berbahan kulit jenis sintetis, sebenarnya bisa dibersihkan dengan mudah, agar kembali memberikan kenyamanan lebih ketika dipakai.

Tidak seperti bahan fabric, jok kulit sintesis jika kotor cukup dibersihkan dengan air bersih yang dicampur sabun.

"Jok kulit sintetis lebih mudah dibersihkan, tidak perlu penanganan khusus. Cuku bersihkan dengan air hangat, usap pelan-pelan hingga tekan sedikit," jelas Ade dari Total Leather saat dihubungi MobilKomersial.com, Jumat (14/6/2019).

Baca juga : Lima Hal Yang Harus Dilakukan Pada Mobil Pasca Mudik

Dijelaskannya lagi, untuk membersihkan jok sintetis, gunakan kain khusus yang halus atau kaneob yang berbahan tidak kasar. 

"Hindari penggunaan zat kimia atau cairan pembersih karena bersifat korosi. Lama-lama bisa mengganggu coating dan warna bisa pudar," sambungnya.

Jika terkena noda makanan atau minyak, lanjut Ade, segera bersihkan jangan dibiarkan terlalu lama. 

"Soalnya zat kimia cepat meresap dan akan susah dibersihkan. Kalau sudah begitu perlu dibersihkan dengan cairan pembersih leather cleaner yang kemudian diberi pelembab khusus jok kulit," terang Ade.

"Untuk menjaga permukaan kulitnya bisa diolesi pelembab khusus. Jika tidak ada, bisa gunakan alternatif lain dengan cairan seperti hand body karena memiliki kandungan yang ramah dengan permukaan kulit," tutup Ade.

Share :

Jangan Beli Mobil Bekas yang Berumur Lebih dari 7 Tahun, Ini Alasannya

Mobil bekas saat ini bisa menjadi alternatif masyarakat yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki mobil.

Read More
Mobil Tidak Pernah Menyala di Rumah Saja, Perlukah Diganti Oli Mesinnya?

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan apalagi tidak pernah dinyalakan sama sekali akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter.

Read More
Jangan Sembarangan Bersihkan Ruang Bakar, Ini yang Baik Bagi Mesin Kendaraan

Banyak yang salah kaprah tentang aplikasi carbon clean ke ruang bakar, dalam jangka panjang, liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin

Read More