Jakarta, MobilKomersial.com - Usai dipakai mudik lebaran, mobil biasanya menjadi kotor, khususnya di dalam kabin mobil. Setelah perjalanan jauh, kabin mobil rentan terkena kotoran pada umumnya adalah jok mobil.

Jika Anda menggunakan jok mobil berbahan kulit jenis sintetis, sebenarnya bisa dibersihkan dengan mudah, agar kembali memberikan kenyamanan lebih ketika dipakai.

Tidak seperti bahan fabric, jok kulit sintesis jika kotor cukup dibersihkan dengan air bersih yang dicampur sabun.

"Jok kulit sintetis lebih mudah dibersihkan, tidak perlu penanganan khusus. Cuku bersihkan dengan air hangat, usap pelan-pelan hingga tekan sedikit," jelas Ade dari Total Leather saat dihubungi MobilKomersial.com, Jumat (14/6/2019).

Baca juga : Lima Hal Yang Harus Dilakukan Pada Mobil Pasca Mudik

Dijelaskannya lagi, untuk membersihkan jok sintetis, gunakan kain khusus yang halus atau kaneob yang berbahan tidak kasar. 

"Hindari penggunaan zat kimia atau cairan pembersih karena bersifat korosi. Lama-lama bisa mengganggu coating dan warna bisa pudar," sambungnya.

Jika terkena noda makanan atau minyak, lanjut Ade, segera bersihkan jangan dibiarkan terlalu lama. 

"Soalnya zat kimia cepat meresap dan akan susah dibersihkan. Kalau sudah begitu perlu dibersihkan dengan cairan pembersih leather cleaner yang kemudian diberi pelembab khusus jok kulit," terang Ade.

"Untuk menjaga permukaan kulitnya bisa diolesi pelembab khusus. Jika tidak ada, bisa gunakan alternatif lain dengan cairan seperti hand body karena memiliki kandungan yang ramah dengan permukaan kulit," tutup Ade.

Share :

Sebelum Rusak Parah, Perhatikan Kiat Merawat Mobil Pikap

Para pemilik pikap harus selalu perhatikan dari hal-hal yang dianggap kecil, tetapi akan berdampak fatal jika diabaikan.

Read More
Mau Road Trip Naik Mobil? Lakukan Cara Ini Bisa Menghemat BBM

Ini sebagai langkah mengedukasi pengemudi mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan kadar emisi untuk kendaraan yang telah beredar.

Read More
Lima Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Dalam Bus

Sebelum Anda menggunakan bus, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama saat naik bus.

Read More