MobilKomersial.com – Nama Karoseri ini mungkin tidak familiar di telinga para penggemar bus jaman sekarang. Namun dulu pernah berjaya dan produknya tersebar di pulau Jawa dan Sumatra.

PT. KARYA TUGAS ANDA atau lebih di kenal dengan nama TUGASANDA. Bermula bergerak di bidang jasa bengkel kendaraan bermotor di tahun 1974 dengan nama "Selamat Djaja Motor" di kota Surabaya. Kemudian tahun 1982 berkembang menjadi unit usaha Autobody Manufacturing sekaligus berganti nama.

Awalnya, karoseri berlogo kuda jingkrak  (mirip Ferrari) ini konsentrasi memproduksi karoseri untuk kendaraan kecil saja. Seperti  Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, Isuzu Panther, Toyota Kijang, Mitsubishi Colt T120 SS, dan Mitsubishi Colt L300. Namun kemudian berkembang memproduksi body big bus.

Puncak kejayaannya, tepatnya era 80 – 90an, TA bersaing sengit dengan karoseri- karoseri besar lain di Jawa Timur seperti Morodadi Prima dan Malindo.

Beberapa model body big bus buatan Tugas Anda yang populer adalah Bravo Cruiser, Grand Cruiser, Bravo Grand dll.

Selama masa produksinya body big bus buatan karoseri Tugas anda banyak mendapat pelanggan loyal dari berbagai perusahaan otobus di Jawa timur, Jawa Barat (BPS, Gardena, Pribumi Raya) dan Sumatra (NPM).

Saat ini, Karoseri asal Surabaya ini tidak memproduksi lagi body untuk big bus, dan lebih fokus kepada kendaraan kecil seperti minibus, medium bus dan special vehicle (ambulance, mobil dissiplay, pemadam kebakaran dll).

Pelanggannya kini kebanyak dari perusahaan BUMN dan lembaga pemerintahan, seperti PT POS Indonesia, PT Telkom Indonesia, PT Pertamina, Bank BRI, Kementerian Pertahanan RI, Mabes POLRI, Kejaksaan RI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan lain sebagainya.

Selain itu, TA mendapat kepercayaan untuk bekerjasama dengan perusahaan nasional, untuk itu TA membentuk Mining Contractor Division yang bergerak di bidang pertambangan batubara serta penyewaan alat berat/Heavy Equipment maupun kendaraan-kendaraan khusus pertambangan.

Share :

PO Lorena : Berawal Cuma 2 Armada, Sekarang Ratusan

Lorena mengawali sejarahnya dengan melayani trayek pendek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Bogor – Jakarta via Cibinong, dengan mengandalkan dua armada bus Mercedes-Benz OF 1113.

Read More
PO Tjipto, Pernah Berjaya Karena Kenyamanannya

Salah satu PO asal Jawa Timur, Tjipto merupakan bus yang berjaya pada masanya. Dulu, PO yang busnya berciri warna putih atau abu abu dengan stripping biru ini bersliweran di jalan.

Read More
Sumber Alam, PO Kebanggaan Warga Purworejo

Sumber alam memang sudah sejak lama eksis dan mendominasi jalanan di Pulau Jawa, khususnya trayek Jakarta – Yogyakarta melalui jalur selatan.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler