Jakarta, MobilKomersial.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman. Kerja sama tersebut terkait menyiapkan 35 unit bus TransJakarta model MetroTrans yang akan masuk ke dalam kompleks Universitas Indonesia. 

"Transportasi yang kita bangun dalam kampus ini upayanya lebih ke publik, kita kurangi gimana kendaraan pribadi bisa kita kurangi, ke depan kalau dimungkinkan tidak ada satu pun kendaraan pribadi masuk ke kampus tapi transportasi publik kita kembangkan," kata Rektor UI Muhammad Anis, Selasa (9/7/2019).

Sementara itu, Direktur Umum TransJakarta Agung Wicaksono menjelaskan bus TransJakarta sebenarnya sudah ada yang beroperasi di UI. Tapi, kata dia, sekarang armada Transjakarta masuk ke kawasan UI melayani mahasiswa.

"Jadi dua titik transportasi publik penting, yaitu Lebak Bulus MRT dan Manggarai KRL akan terhubung dengan UI, dengan harapan kami bisa bantu kurangi beredarnya kendaraan pribadi di kampus UI," sambungnya.

Baca juga : Uniknya Armada Transjakarta Buatan Karoseri Nusantara Gemilang

Bus MetroTrans akan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2019. Dua rute Transjakarta yakni Lebak Bulus - UI dan Manggarai - UI akan diperpanjang dan berputar mengelilingi fakultas di kawasan kampus UI.

"Warga kampus UI dapat bermobilitas di dalam kawasan kampus UI menggunakan bus TransJakarta secara gratis. Tarif reguler 3.500 hanya kan dikenakan bagi pelanggan dari luar kampus UI ke dalam kampus UI dan sebaliknya," ungkap Agung.

Agung menjelaskan bus ini akan ada setiap 5 menit di halte-halte yang ada di Fakultas UI. 

"Nanti ada (menyusul) 3 rute lagi, tambahan 15 unitlah. Tadi yang udah ada Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI, lalu Kp Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kp Rambutan-UI via Raya Bogor, dan UI-Margonda, startnya 1 Agustus nanti, kita siapkan nanti beroperasi," ucap Agung.

Share :

Damri Tambah Layanan JRC dari Bekasi

Mulai hari Selasa (11/08/2020) lalu, Damri resmi melayani rute JRC Kemang Pratama Bekasi - Stasiun Gambir Jakarta pp (via Komdak, Jenderal Sudirman dan Thamrin City), sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat sek

Read More
Sepi Peminat, BPTJ Akan Hentikan Bus Gratis dari Stasiun Bogor

Penyediaan bus gratis bagi pengguna kereta rel litrik (KRL) di Stasiun Bogor rencananya akan dihentikan karena peminatnya cenderung menurun.

Read More
Daimler Bersama Karoseri Adi Putro Ajak Bismania Ikut Kompetisi Desain Bus Impian

Kompetisi desain bus dari DCVI dan Adi Putro ini bertajuk #MBCVChallenge dan #KreasiBusImpian

Read More