Jakarta, MobilKomersial.com - Perusahaan Otobus (PO) Kurnia menambah armada kelas premium untuk memperkuat trayek bus malam antar kota antar provinsi (AKAP)-nya di Pulau Sumatra. Ada dua bus Scania K410IB Opticruise Transmission dengan Air Suspension. 

Kedua bus Scania K410IB Opticruise ini sudah selesai dari proses pembuatan bodi kabin busnya di Karoseri Adi Putro, Malang, dengan model Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD). PO Kurnia memberi nama 'AW Series' untuk kedua bus anyar tersebut.

Armada Scania K410IB Opticruise yang dioperasikan PO Kurnia dilengkapi sejumlah fitur yang memanjakan penumpang. Diantaranya, kursi reclining seat, layar televisi LCD, toilet, coffee maker (optional) dan smoking area

Bangku penumpang bus UHD dikonfigurasi 2-2. Dan bagasinya sangat luas sehingga bisa menampung untuk barang ataupun paket.

Baca juga : Dahsyat. Scania Perkenalkan Bus Listrik Tanpa Sopir

Simak juga : PO Borlindo Pakai Chassis Scania untuk Bus Premiumnya

Sementara, sasis Scania K410IB yang digunakan merupakan tipe bus premium yang dipasarkan Scania melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT United Tractors Tbk, saat ini. 

Bus ini menggunakan penggerak 8 roda triple axle dengan konfigurasi 6x2. Kaki-kakinya sudah dilengkapi dengan suspensi udara yang built-in, brake retarder, dan transmisi matik Opticruise. 

Bus ini menggunakan mesin berkapasitas 13 liter tipe DC13 107 K01 Euro 3, 4 sroke enam silinder in-line dengan empat katup per silindernya. 

Jangan lewatkan : PO Gunung Harta Percayakan Bus Scania Opticruise untuk Dua Trayek AKAP

Mesin ini dilengkapi dengan turbocharged, intercooler dan Scania PDE Injection dan air cleaner. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 306 kW atau 40 horse power pada 900 rpm/menit dan torsi tertinggi 2000 Nm pada 1000-1350 rpm/menit dengan garbokx GRS895R 12 percepatan.

Dua unit bus UHD ini rencananya akan dioperasikan di trayek Medan - Banda Aceh dan arah sebaliknya.

Share :

Melongok Spesifikasi Bus Listrik BYD yang Dioperasikan Transjakarta

PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD di Indonesia membawa dua unit bus dengan spesifikasi berbeda, yakni satu unit dengan model bus single low entry tipe K9 dan satu lagi bus medium tipe C6.

Read More
PO Juragan 99 Ajak Warga Malang Nikmati Keindahan Kota Sambil Ngopi di Dalam Bus

PO Juragan 99 menawarkan konsep ngopi yang berbeda, yaitu ngopi di dalam bus, sambil ditemani live music

Read More
Bus Baru Persita Tangerang Pakai Sasis MB OH 1526 dengan Bodi Avante H7

Klub sepakbola asal Tangerang Persita, kini telah memiliki bus baru

Read More